MTsN 4 Rembang Adakan Gerakan Pungut Sampah

Rembang – Bertepatan dengan World Cleanup Day (WCD), MTs N 4 Rembang mengadakan gerakan pungut sampah pada Ssenin (15/09/18). Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai.

Kegiatan ini diawali dengan gladi bersih oleh 568 siswa dan dari guru serta pegawai sebanyak 50 orang. Mereka sangat antusias dalam gerakan bersih-bersih serentak pungut sampah sedunia. Ada 3 titik besar  yang menjadi target dalam bersih-bersih, titik pertama halaman depan kelas VII, kelas VIII, kelas IX. titik kedua mushola, depan laboratorium, parkir sepeda motor, belakang perpustakaan dan titik ketiga halaman depan kantor dan lingkungan sekitar.

Waka Kesiswaan MTsN 4 Sumber, Siti Suwaibah mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu memunculkan rasa tanggung jawab dan kepedulian siswa terhadap lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah dan sekitarnya.

 “Terdapat 14 sak besar tempat sampah dibagikan kepada siswa sebagai tempat untuk meletakan , mengumpulkan sampah tersebut,” katanya.

Sampah sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu sampah organik (Daun, kertas, sisa makanan, minuman dan lainnya) yang kedua sampah Anorganik yaitu kaleng bekas, kaca, plastik dan lain-lain.

Kemudian setelah terkumpul, dilakukan penimbangan sampah dan pendataan jumlah sampah yang terkumpul. Untuk Sampah di lingkungan MTs N 4 Rembang berbobot 1,2 kwintal.

Sampah tersebut kemudian dikirim ke kantor kecamatan sumber untuk dilakukan pendataan kembali, Untuk wilayah kecamatan Sumber sendiri bersinergi dengan lembaga pendidikan lain dan seluruh instansi di wilayah sumber antara lain Polsek Sumber, Dan Ramil Sumber, UPT Puskesmas Sumber, BPP Sumber, SMU, MA, dan perangkat desa Sumber. – dwi/iq/bd