MTsN 4 Rembang Persiapkan Penilaian Adiwiyata

MTsN 4 Rembang—Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Rembang tengah mempersiapkan penilaian madrasah adiwiyata. Sebagai persiapan tersebut, diadakan pembinaan oleh SMPN 1 Kaliori, Rembang pada Selasa (7/9/2021) di ruang pertemuam MTsN 4 Rembang.

Kunjungan ini dalam rangka memberikan pembinaan kepada MTsN 4 Rembang sebagai persiapan mengikuti penilaian madrasah adiwiyata tingkat Kabupaten. Tim dari SMPN 1 Kaliori berjumlah empat orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Khoironi.

“Tujuan kunjungan tim kami adalah memberikan pembinaan kepada MTsN 4 Rembang yang merupakan satu dari tiga belas sekolah/madrasah yang mengikuti penilaian adiwiyata tingkat kabupaten oleh Dinas Lingkungan Hidup,” kata Khoironi.

Pembinaan adiwiyata dibuka oleh sambutan Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum. Dalam sambutannya, Masrum menyampaikan selamat datang dan rasa terima kasih atas kunjungan tim adiwiyata SMPN 1 Kaliori.

“Kami mengucapkan terima kasih, matur nuwun atas kunjungan tim adiwiyata SMPN 1 Kaliori, mudah-mudahan kami bisa menyerap ilmu dan tidak mengecewakan sebagai madrasah binaan adiwiyata dari SMPN 1 Kaliori,” ungkapnya.

Semantara ketua tim adiwiyata SMPN 1 Kaliori, Abdul Chakim memberikan beberapa masukan terhadap MTsN 4 Rembang agar sukses dalam penilaian sebagai madrasah adiwiyata. Di antaranya mengenai pentingnya suatu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam adiwiyata.

Abdl Chakim menekankan pentingnya sekolah/madrasah memiliki sistem perlakuan dan pengelolaan terhadap sampah, irigasi, dan inovasi produk yang ramah lingkungan. “Termasuk menanamkan perilaku ramah lingkungan hidup terhadap siswa. Madrasah harus memiliki visi misi yang mengedepankan ramah terhadap lingkungan hidup,” paparnya.

Dwi Asri Mulatsih, selaku ketua tim adiwiyata MTsN 4 Rembang saat diwawancara menyampaikan, masukan dan arahan dari SMPN 1 Kaliori bermanfaat sekali bagi MTsN 4 Rembang yang akan melakukan penilaian sebagai madrasah adiwiyata tingkat kabupaten. “Semoga MTsN 4 Rembang bisa menindaklanjuti arahan dan masukan dari tim adiwiyata SMPN 1 Kaliori,” ucapnya.

Lebih lanjut beliau juga berharap MTsN 4 Rembang berhasil meraih nilai yang memuaskan. (EH/iq)