MTsN 5 Cilacap Gandeng Polisi Antisipasi Narkoba

Cilacap – Untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa yang terhindar dari kerusakan moral, MTs 5 Cilacap bekerjasama dengan Polsek Nusawungu menggelar bimbingan dan latihan bagi peserta didik, Selasa-Kamis (9-11/1).

Kepala MTsN 5 Cilacap, Matori mengatakan bahwa, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bekal kepada siswa agar memiliki sikap disiplin yang baik dan memiliki karakter yang kuat. Penanaman disiplin sejak dini dan pengetahuan akan bahaya narkoba, pengaruh negatif pornografi serta kenakalan remaja diharapkan dapat mengarahkan mereka menuju generasi yang terbaik bagi bangsa.

“Melihat perkembangan generasi muda akhir-akhir ini saya ikut merasa prihatin. Di mana banyak sekali kasus kekerasan seperti bullying, perampokan, penganiayaan hingga pelecehan seksual yang mereka lakukan. Sebagai langkah antisipasi, maka kami langsung menggandeng Kepolisian. Karena mereka lebih mengetahui seluk beluk masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga diharapkan para siswa dapat lebih memahami akan penyakit sosial dan mengerti cara menghindarinya,”katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa selama tiga hari penuh sangat tidak cukup untuk membentuk karakter. Namun dia berharap melalui perpaduan pendidikan dengan Kepolisian dapat menimbulkan kesan yang lebih mendalam. Sehingga diharapkan akan mampu tertanam di lubuk sanubari masing-masing siswa.

Hal yang paling urgen diberikan adalah kesadaran akan bahaya narkoba. Para siswa diberikan pengetahuan efek dahsyatnya pengaruh narkoba terhadap kerusakan generasi muda. Selain itu, untuk mengantisipasi dan pencegahan peredaran, peserta diberitahu berbagai modus operandi penyelundupan narkoba dan bagaimana cara melaporkannya.(On)