MTsN 5 Klaten Bekali Siswa Pemantapan Berorganisasi

Klaten-Animo dan perhatian masyarakat untuk mensekolahkan anaknya di madrasah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sehubungan itu Kepala MTsN 5 Klaten Sri Harjono berharap kegiatan OSIS, DP (Dewan Penggalang) dan PBB di madrasah dapat meningkatkan dan lebih memantapkan siswa dalam berorganisasi.

“Saya berharap dengan kegiatan ini menjadi nilai plus madrasah dibandingkan dengan sekolah umum yang lainnya, siswa akan lebih matang dalam berorganisasi.”Lulusan madrasah akan siap dalam berbagai bidang, tegas Kamad MTsN 5 Klaten Sri Harjono saat membuka Pemantapan  Berorganisasi di Aula dan halaman MTsN 5 Klaten yang diikuti 40 siswa pengurus OSIS,(27/1).

Kepala MTsN 5 Klaten Sri Harjono mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi siswa, sebagai program pembinaan, pelatihan dan pembekalan. Ini merupakan upaya mengenal, memahami dan mengelola OSIS, tandas Harjono.

“OSIS merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah, untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa,” jelas Sri Harjono.

Guna menunjang peranan pengurus OSIS maka perlu ditumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan. Oleh karena itu kegiatan ini perlu disampaikan sebuah pelatihan dasar atau upgrading bagi pengurus OSIS tentang materi kepemimpinan, macam-macam dan tipe seorang pemimpin.

Kamad berharap, siswa madrasah akan dapat berorganisasi secara matang baik di sekolah dam masyarakat, dan dapat meningkatkan kualitas madrasah.

Sementara itu Widodo Wakamad MTsN 5 Klaten selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa organisasi OSIS dan DP adalah organisasi di madrasah yang dalam satu atap mempunyai tujuan yang sama yaitu memajukan madrasah menjadi madrasah yang hebat bermartabat dan lebih dikenal masyarakat dengan prestasinya.

Ini merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan, dan merupakan salah satu sistem yang berfungsi sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama di madrasah, kata Widodo.

Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah, OSIS untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka organisasi ini bersifat intra sekolah, imbuhnya.(aj)