MTsN 5 Rembang Ikuti Asesmen PISA

 

MTsN 5 Rembang–  PISA (Programme For International Student Assessment) merupakan program international di bidang pendidikan yang di inisiasi oleh OECD (Organization for Economic Co-operation and Develeopment) yaitu organisasi internasional bidang kerja sama dan pembangunan ekonomi.PISA ini juga merupakan instrumen studi dan evaluasi sistem pendidikan di beberapa negara di dunia.

PISA yang pada tahun 2018 diikuti oleh 79 negara termasuk Indonesia bertujuan untuk mendorong negara-negara saling belajar satu sama lain mengenai sistem pendidikan. Sehingga mampu membangun sistem persekolahan yang lebih baik dan inklusif secara efektif.PISA yang diluncurkan oleh OECD pada tahun 1997. PISA ini melaksanakan assesment tiga tahun sekali di beberapa negara. Asesmen tersebut mencakup kemahiran siswa usia 15 tahun dalam bidang membaca, matematika, dan sains, serta mengukur keterampilan mereka dalam menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan nyata.

PISA yang diluncurkan oleh OECD pada tahun 1997. PISA ini melaksanakan assesment tiga tahun sekali di beberapa negara. Asesmen tersebut mencakup kemahiran siswa usia 15 tahun dalam bidang membaca, matematika, dan sains, serta mengukur keterampilan mereka dalam menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan nyata.

PISA yang diluncurkan oleh OECD pada tahun 1997. PISA ini melaksanakan assesment tiga tahun sekali di beberapa negara. Asesmen tersebut mencakup kemahiran siswa usia 15 tahun dalam bidang membaca, matematika, dan sains, serta mengukur keterampilan mereka dalam menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan nyata.

Putaran pertama PISA pada tahun 2000, dan putaran selanjutnya pada 2003, 2006, 2009, 2012, 2015 dan 2018, sementara putaran selanjutnya yang mestinya dilaksanakan tahun 2021 ditunda pelaksanaannya pada tahun 2022 bulan Mei.

MTsN 5 Rembang termasuk salah satu satuan pendidikan yang ikut mewakili negara Indonesia dalam assessment PISA. Hal ini merupakan salah satu anugerah sekaligus tantangan bagi MTsN 5 Rembang. Dari kurang lebih 120.000 sekolah dan madrasah di Indonesia, dipilih 413 satuan pendidikan yang terdiri dari 342 sekolah jenjang SMP maupun SMA dan 71 madrasah dari jenjang MA maupun MTs se-Indonesia.

Asyrofi selaku Wakamad Bidang Kurikulum MTsN 5 Rembang yang mewakili MTsN 5 Rembang bersama 4 madrasah lain se Jawa tengah mengikuti acara sosialisasi PISA yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Kemenag Republik Indonesia di Shangri-la Hotel Surabaya 15 s.d 17 Oktober 2021.

Pertemuan ini untuk mempersiapkan PISA pada bulan Mei tahun 2022. Hal ini penting bagi MTsN 5 Rembang untuk mendesain proses pembelajaran di semua mata pelajaran. Sehingga, siswa bisa mengorientasikan memiliki ketrampilan berfikir tingkat tinggi melalui pembiasaan literasi, numerasi, dan sains.

“Seusai mengikuti sosialisasi saya langsung menghadap kepala Madrasah untuk berkonsultasi dan meminta arahan terkait dengan pelaksanaan PISA di MTsN 5 Rembang,” ujar Asyrofi.

Kepala MTsN 5 Rembang, Teguh Santoso sangat mendukung kegiatant tersebut dan akan memfasiltasi program literasi, numerasi, dan sains sebagai upaya persiapan PISA.

Sebagai bentuk keseriusan negara Indonesia dalam mempersiapkan keikutsertaannya pada PISA 2022, Kemdikbud dan Kemenag akan secara masif melakukan pendampingan dan pemantauan terhadap 342 Sekolah dan 71 Madrasah dalam melalukan persiapan PISA.

Salah satu tahapan pendampingan dan pemantauan pemerintah adalah mengundang kepala Madrasah maupun Kepala Sekolah bersama proktor untuk mengikuti sosialisasi dan survey di tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27-30 Oktober 2021.

 (Asrofi/Habibi)