MTsN Batang Peringati Hari Santri Sekaligus Maulid Nabi

* Kepala MTs.N Batang H. Fathudin sedang membuka kegiatan peringatan hari santri dan Maulud Nabi di halaman Madrasah

Batang – Gema sholawat dan iringan rebana terdengar dari halaman MTs Negeri Batang pada Jumat pagi (22/10). Siswa, guru, dan pegawai berkumpul di halaman madrasah untuk mengikuti kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri 2021. Kegiatan tersebut mengusung tema Menanamkan Rasa Cinta dan Keteladanan Akhlak Rasulullah SAW.

Ketua Panitia kegiatan, Slamet Wahyudi, menyampaikan bahwa kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri 2021 diselenggarakan secara bersamaan karena waktu yang berdekatan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Terimakasih atas dukungan dan partisipasi dalam acara Maulidurrasul dan Hari Santri ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan khidmat,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh siswa putra dan putri menggunakan sarung dengan atasan berwarna putih. Kegiatan juga dimeriahkan oleh tim rebana siswa MTs Negeri Batang. Acara inti dalam kegiatan tersebut adalah pembacaan Maulid Al-Barzanji yang berisi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kepala MTs Negeri Batang, Fathuddin, mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat pagi tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan seluruh warga MTs Negeri Batang.

“12 Rabiul Awwal adalah hari kelahiran panutan dan teladan kita, tempat kita bisa mengharapkan syafaat kelak di hari akhir. Ini adalah bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat yang diberikan Allah, yang tidak bisa kita hitung. Terutama nikmat ketetapan iman islam yang tiada lain melalui perantara Nabi Muhammad SAW. Tanpa beliau, kita masih dalam masa jahiliyah,” tuturnya dalam sambutan.

* Para siswa MTs N Batang dengan khusuk mengikuti peringatan maulid Nabi dan HSN di halaman madrasah

Fathuddin juga mengingatkan para siswa untuk senantiasa bersyukur atas nikmat-nikmat yang diturunkan oleh Allah SWT. Ia berpesan kepada para siswa untuk meneladani karakter Nabi Muhammad SAW, seperti yang tertuang dalam tema Menanamkan Rasa Cinta dan Keteladanan Akhlak Rasulullah SAW.

“Kita harus meningkatkan rasa syukur, salah satunya dengan kita memperingati hari kelahiran Nabi Muhamamad SAW. Tanpa kelahiran beliau, dunia tidak akan terwujud,” lanjutnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari santri 2021. Menurutnya, santri tidak hanya orang yang belajar di pondok pesantren saja, tetapi juga siswa-siswi yang belajar di madrasah.

“Kegiatan hari ini sekaligus untuk memperingati Hari Santri 2021 yang bertema Santri Siaga Jiwa Raga. Siswa-siswi MTs Negeri Batang juga santri, karena sama-sama belajar, termasuk belajar ilmu agama di madrasah,” terangnya.

Dengan semangat Hari Santri 2021, Fathuddin berharap siswa-siswi MTs Negeri Batang akan senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu sekaligus meneladani akhlak dan karakter Nabi Muhammad SAW. (run/Zy)