MTsN Grabag Peduli Bencana, Latih Kepedulian Antar Sesama

Magelang MTsN Grabag peduli akan bencana alam banjir bandang yang terjadi di beberapa titik di Kecamatan Grabag yaitu di desa Sambungrejo dan desa Citrosono. Hal itu dibuktikan dengan datangnya rombongan MTsN Grabag ke lokasi bencana, Sabtu (06/05) lalu.

Rombongan terdiri dari Drs. H. Abdi Nasir (Waka Sarpras), H. Muh Nursahid, S.Pd (Waka Humas), Dewan Guru dan Karyawan serta beberapa pengurus OSIS MTsN Grabag.

Waka Sarpras sekaligus ketua Tim Peduli Bencana MTsN Grabag Abdi Nasir, mengatakan keluarga besar MTsN Grabag menyampaikan duka cita dan keprihatinan mendalam atas musibah yang dialami korban. MTsN Grabag ikut membantu langsung sebagai bentuk nyata kepeduliannya.

“MTsN Grabag tidak hanya memberikan bantuan dalam bentuk materi, tapi juga mengajak perwakilan siswa untuk membantu di tempat evakuasi,” kata Abdi Nasir.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengasah kepekaan sosial serta melatih kepedulian terhadap sesama. “Selain itu, juga menumbuhkan jiwa taawun (tolong-menolong) kepada sesama,” sambung Solihah, Kepala MTsN Grabag.

Disebutkan Muh Nursahid, penggalangan dana dilakukan bersifat spontanitas dan insidental. Namun tetap dilakukan dengan penuh antusias, baik oleh murid, guru maupun karyawan MTsN Grabag.

“Penggalangan dimulai 1 hari sebelum penyerahan bantuan. Dan alhamdulillah, baik dari siswa ataupun guru dan karyawan terkumpul 40 dus mie instan, uang sebesar Rp. 12.881.000 dan peralatan sholat,” terangnya.

“Selain memberikan bantuan materi, kami juga mendoakan semoga yang meninggal diterima di sisi-Nya, para keluarga, dan semua yang terkena musibah tetap kuat, tabah dan sabar serta tidak terjadi bencana lagi,” kata Muwafiq Hidayatullah, guru pada MTsN Grabag.

Abdi Nasir berharap, civitas akademika MTsN Grabag dapat berempati dengan apa yang dirasakan para korban banjir bandang dan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, terpenting pada kejadian bencana alam.

“Mereka harus dapat membantu para korban bencana alam. Selain itu, juga dapat berperan aktif dalam membantu para korban bencana alam,” pungkasnya. (amd-m45k/Af)