MTsN Jeketro Buka Program Baru pada PPDB 2018

Grobogan – MTs Negeri 1 Jeketro yang merupakan Sekolah Negeri berciri khas Islam di bawah binaan Kementerian Agama punya keleluasaan menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/ 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, MTsN 1 Jeketro  menjadi sekolah favorit jujugan siswa-siswi MI/ SD berprestasi di wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Hal ini tak lepas dari sistem penyaringan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan oleh MTsN 1 Jeketro dalam mengembangkan kompetensi diri siswa dan lembaga pendidikan islami yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK.

Menurut Keterangan Kepala MTsN 1 Jeketro Muchlis menyampaikan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Jeketro, telah resmi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  mulai pada tanggal 2 April sampai dengan tanggal 21 April 2018.  Pendaftaran bisa datang langsung ke Kampus MTs Negeri 1 Grobogan atau via online dengan mengunjungi web site www.mtsnjeketro.sch.id. Semua peserta pendaftaran wajib mengikuti test seleksi tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2018 dan test baca tulis Al Qur’an. Khusus kelas unggulanTahfidz akan wajib mengikuti test khusus.

“Untuk mengembangkan bakat dan potensi peserta didik, MTs Negeri 1 Grobogan kali ini membuka program baru yaitu Program Kelas Unggulan Tahfdz dan Kelas Unggulan Olah Raga pada Tahun Pelajaran 2018/ 2019, selain dua program unggulan tambahan tersebut, pada PPDB tahun ini dibuka pula Program Kelas Unggulan Sains, Kelas Unggulan Bahasa serta Kelas Reguler,” terang Muchlis saat di Ruang kerjanya, Senin (02/04).

Muchlis menambahkan, Program Kelas Unggulan Sains akan dikembangkan potensi peserta didik dalam bidang ilmu-ilmu sains seperti Matematika dan IPA. Oleh karena itu, kelas tersebut akan mendapatkan tambahan materi pengayaan pada sore hari (jam 14.00 – 15.30) berupa mata pelajaran IPA, Praktikum IPA, Matematika, serta tambahan English conversation serta Percakapan berbahasa Arab (Muhadatsah).

“Dengan demikian kelas unggulan sains selama minimal 5 hari pulang sore sekitar jam 15.30 WIB. Dengan rincian 4 hari pengayaan program unggulan dan satu hari kegiatan Pramuka. Jika ada siswa yang mengikuti kegiatan pengembangan diri yang lain, maka selama 6 hari penuh siswa tersebut akan pulang sore. Hal ini bisa dikatakan madrasah menerapkan konsep full day school,” imbuhnya.

Lebih lanjut Muchlis memberikan keterangan, ada Kelas Unggulan Bahasa dan program unggulan Tahfidz, yang dikembangkan adalah kemampuan bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pada Unggulan Bahasa ada tambahan pengayaan sore hari berupa Bahasa Inggris dan bahasa Arab serta praktek percakapan berbahasa Inggris (English conversation) dan percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah). Semua berlangsung selama 4 hari di tambah 1 hari Kegiatan Pramuka. Untuk mensukseskan program ini, MTs Negeri 1 Grobogan akan bekerjasama dengan pondok pesantren yang ditunjuk yang ada di dekat madrasah.

“Sedangkan program kelas unggulan olahraga, bertujuan untuk menampung peserta didik yang memiliki prestasi atau bakat di bidang olah raga. Oleh karena itu akan dijaring calon peserta didik yang sejak SD/ MI telah memiliki prestasi di bidang olah raga. Latar belakang dibukanya kelas unggulan olah raga ini adalah supaya siswa yang memiliki bakat atau prestasi di bidang olah raga dapat berkembang lebih maksimal. Terutama ketika akan mengadakan latihan kegiatan pengembangan diri jadwalnya tidak berbenturan dengan kegiatan pengembangan diri yang lain. Karena siswa yang memiliki kegiatan pengembangan diri olah raga berada pada kelas yang sama,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan PPDB tahun ini siswa baru akan diambil 350 siswa, yang terdiri kelas unggulan hanya menerima 1 kelas saja dengan jumlah rombel 32 peserta didik. Sedangkan sisanya 6 kelas adalah kelas regular dengan jumlah rombel masing-masing maksimal 36 peserta didik. Program kelas regular mendapatkan pembelajaran yang standar sesuai kurikulum 2013. (bd/gt)