Muh Habib Bina Mental Warga Lokalisasi Sunan Kuning

Semarang – Sebagai implementasi dari visi Kementerian Agama mewujudkan masyarakat yang taat beragama dan misi meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas, Kemenag Kota Semarang bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Semarang mengadakan kegiatan bertajuk Membangun Kepedulian Mewujudkan Kemandirian mulai tanggal 20 s.d. 27 Februari 2017 di Balai Kelurahan Kalibanteng Kulon Argorejo Semarang Barat Kota Semarang. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas pembinaan sarana prasarana rehabilitasi kesejahteraan sosial ini diikuti oleh warga binaan resosialisasi Argorejo atau lebih dikenal dengan lokalisasi Sunan Kuning (SK).

Di hadapan sekitar 50 PSK, Kepala Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib mengajak untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Hidup terus berjalan, umur akan bertambah dan semakin usia bertambah maka harga jual semakin rendah. Oleh karenanya sedini mungkin persiapkan diri untuk berubah dan menjadi lebih baik daripada saat ini,” pesan Habib, Senin (27/02).

Kakankemenag menyinggung bahwa orang yang beruntung adalah orang yang saai ini lebih baik daripada kemarin. Berubah harus diawali dengan niat yang kuat dan tekad yang bulat.

“Hidup di dunia hanya sebentar dan sementara, kelak setiap amal perbuatan harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Oleh karenanya, mari  kita perbaiki diri, tingkatkan perbuatan yang baik agar berguna bagi masyarakat. Terlebih kehidupan yang dijalani sekarang ini, sangat rentan dengan penyakit HIV-AIDS dan penyakit lain. Jadilah orang yang berguna karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaaat bagi orang lain,” pintanya.

Selama kegiatan berlangsung peserta mendapatkan bimbingan sosial disampaikan oleh pemerintah Kota Semarang, Komisi Penanggulangan AIDS dan LSM Lentera ASA. Pada kegiatan tersebut diberikan pula pelatihan keterampilan dan tata boga berupa pembuatan olahan berupa pembuatan tahu, donat, wedang serai, susu kedelai, kaki naga mayo, nugget tahu, fruity hot ice, wedang pisang, perkedel tahu, pudding sule, klepon, bongkar pasang mesin serta motivasi dan mindset wirausaha.

Sementara di tempat yang sama Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Ahmad Zainudin memaparkan, Kemenag secara rutin telah menjalin kerja sama dengan Balai Argorejo dalam memberikan bimbingan mental kepada penghuni lokalisasi SK.

“Bintal biasanya dilaksanakan bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan dari Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan HIV-AIDS dan LSM. Bimbingan rohani ini dilaksanakan oleh penyuluh agama secara bergiliran,” ungkap Zainudin. (ch/gt)