Multimedia Agar Dukung Optimalisasi Pembelajaran di Madrasah

Rembang –Media pembelajaran berbasis multimedia diharapkan mampu mendukung upaya optimalisasi pembelajaran di madrasah. Metode pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan menjadi efektifdan efisien.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika memberikan arahan dalam pembukaan kegiatan Diklat di Wilayah Kerja bertajuk Diklat Teknis Substantif Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Bagi Guru Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang yang dilaksanakan mulai Senin – Sabtu (3-8/12/2018) di aula Kemenag Rembang.

Atho’illah mengatakan, diklat ini sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kompetensi guru di madrasah di bidang IT. “Di era teknologi ini, guru juga harus berinovasi dalam pembelajaran. IT harus dikuasai dan menggunakannya secara positif untuk mendukung proses pembelajaran,” kata Atho’illah.

Kendati demikian, penerapan teknologi pada pembelajaran bukan berarti meninggalkan aspek pedagogik. Atho’illah mengungkapkan, perilaku dan budi pekerti yang baik tetap menjadi tujuan utama belajar di madrasah. Bahkan menurutnya, setiap guru harus mengerti perilaku siswa-siswinya.

“Hubungan guru dan murid harus dibangun sedekat mungkin, agar pembelajaran menjadi berkah. Harus ada kontak batin antar keduanya. Guru juga harus ikhlas dalam mengajar, agar ilmu yang diperoleh murid bermanfaat,” tandas Atho’illah.

Sementara Ketua panitia Diklat, Abdul Wahid Amsa mengatakan, diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan ketrampilan guru dalam menyusun media pembelajaran yang profesional.

“Diklat ini diharapkan mampu mendorong kinerja guru  secara optimal dan dapat memacu prestasi dan produktivitas guru, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” kata Wahid.

Diklat ini diikuti oleh 40 orang. Beberapa materi diklat yang diberikan antara lain pemanfaatan google classroom sebagai kelas maya, desain formulir online google forms, penggunaan google sites sebagai web blog, dan pemanfaatan google drive sebagai media penyimpanan. — iq/bd