Mundakir : “Satukan Persepsi dan Seragamkan Pola Pikir Guru PAK”

Pati – Untuk memperoleh berbagai informasi dan pengalaman guru di dalam tugas pengabdian demi mengembangkan kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang lebih baik serta untuk mendorong ketrampilan membaca, menulis dan melatih mengintegrasikan gagasan serta berusaha menyajikan secara sistematis dalam bentuk materi dan perangkat pembelajaran yang berkualitas, maka Kantor Kemenag Kabupaten Pati melalui Penyelenggara Kristen mengadakan Kegiatan Workshop Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 yang berlangsung di SMP 4 Pati, Senin (12/6).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Guru Pendidikan Agama Kristen Kabupaten Pati dengan dipandu oleh  3 (tiga) nara sumber yaitu KaKankemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir, Gara Kristen Budi Astuti dan Suharto.
Kepala Kankemenag Kabupaten Pati dalam sambutan arahannya mengatakan, Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja guru PAK dalam mengorganisir pelaksanaan tugas dan tanggungjawab secara efisien dan efektif sehingga mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas secara proposional dan komprehensif sekaligus menjawab tuntutan dunia pendidikan Kristen yang semakin menantang.
Workshop Guru PAK ini juga merupakan langkah yang strategis guna memberikan penguatan pada kapasitas tenaga pendidik sebagai inisiator dalam kegiatan merancang dan melaksanakan perangkat pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kualitas guru itu sendiri maupun bagi siswa sehingga mengalami peningkatan dalam pengatahuan dan ketrampilan yang pada gilirannya kualitas pendidikan agama Kristen semakin lebih baik, tandas Mundakir.
Hal ini merupakan ajang untuk menyatukan presepsi dan penyeragaman pola pikir guru sehingga kita dapat mengukur kinerja guru yang terjadi selama ini guna melakukan perbaikan demi perubahan dan kemajuan, maka guru harus dibekali dengan seperangkat pengatahuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian di sekolah dan masyarakat.

Di sela-sela panduannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati memberikan hadiah kepada salah satu peserta yang bisa menjawab pertanyaannya. (Athi’/bd)