Musabaqoh, Momentum Tanamkan Kecerdasan Spiritual Generasi Muda

Purworejo – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Purworejo menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Purworejo selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, 6 hingga 7 November 2021. Kegiatan diikuti oleh peserta yang merupakan kafilah seluruh kecamatan di Purworejo. Jumlah peserta untuk MTQ Pelajar ada 204 orang yang terbagi ke dalam delapan majlis, sementara untuk STQ hanya ada empat majlis dan diikuti oleh 72 peserta.

Bertempat di aula kebanggaan MAN Purworejo yang beralamat di Jalan Brigjend Katamso Pangenjurutengah, acara dibuka oleh Asisten Administrasi dan Kesra Setda Purworejo, Drs. Pram Prasetya Achmad, M.M. sebagai wakil dari Bupati Purworejo yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Pram mengapresiasi kegiatan yang memberikan penghargaan kepada anak bangsa untuk bidang agama seperti apa yang diselenggarakan oleh LPTQ saat ini. “Momen-momen seperti ini menjadi cara kita menanamkan kecerdasan spiritual kepada generasi muda. Selain untuk membekali mereka dengan nilai spiritualitas tinggi, hal ini juga untuk dapat menangkis pengaruh buruk modernisasi,” tuturnya.

Selain Asisten Administrasi dan Kesra Setda Purworejo, tamu undangan yang hadir dalam acara pembukaan di antaranya Kabag Kesra Setda Purworejo, Kepala Kankemenag, Ketua MUI, Kepala MAN, Ketua LPTQ, dan Kepala KUA se-Kabupaten Purworejo. Khusus Kepala Kankemenag, H. Fatchur Rochman, M.Pd.I. juga berkesempatan untuk mengukuhkan Dewan Hakim MTQ Pelajar dan STQ tingkat Kabupaten Purworejo.

Zulfah Kirom, S.Ag. dalam laporannya sebagai Ketua Panitia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak di antaranya Bupati Purworejo yang telah memberikan dana hibah untuk kegiatan tersebut. “Terima kasih pula kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo atas petunjuk dan bimbingannya. Dan tentu saja MAN Purworejo yang telah meminjamkan fasilitas tempat kegiatan musabaqoh,” ucapnya. Kepada seluruh peserta, Zulfah mengucapkan selamat bermusabaqoh dengan tetap menjunjung nilai kejujuran dan sportivitas. (sgy/bd)