Muslim Umar : Pemenang Diharapkan Harumkan Solo di Tingkat Provinsi

Surakarta – Bersamaan dengan kegiatan rutin apel pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta diserahkan trofi dan piagam bagi pemenang Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kota Surakarta tahun 2017, di halaman Kantor, Rabu (17/5).

Penyerahan trofi dan piagam dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Muslim Umar, didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Nanik Suryanti, dan disaksikan oleh seluruh pegawai Kementerian Agama Kota Surakarta serta seluruh Kepala Madrasah di lingkungan Kemenag Kota Surakarta.

Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, Muslim Umar,  berpesan kepada para guru pembimbing untuk tidakpernah lelah dalam mencari bibit yang unggul dalam semua bidang serta terus membimbing danmengawal putra putri bangsa.

“Bagi para pemenang diharapkan dapat mengharumkan nama  Kota Surakarta di kompetisi yang lebih tingi serta terus mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirimasing-masing dan senantiasa mengingat ungkapan man jaddawajada yang artinya barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Surakarta, Nanik Suryanti, menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan KSM dan AKSIOMA ini dapat menghasilkan siswa/siswi yang terbaik di setiap bidang, mereka bukan hanya mampu cerdas di bidang IPTEK tetapi juga IMTAQ yang sehat dan berkarakter.

“Hal ini bisa membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang berkualitas untuk membangun Kota Surakarta,” paparnya

Nanik Suryanti juga berpesan kepada kepala Madrasah bahwa hasil KSM dan AKSIOMA bisa sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitasmasing-masing madrasah.

Kegiatan seleksi KSM dan Aksioma sendiri telah dilaksakan pada tangal 15 April 2017. Tema KSM dan AKSIOMA tahun ini adalah “sehat, unggul dan berdaya saing global”. Kegiatan KSM sendiri bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikanSains di madrasah/ sekolah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam Allah SWT dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Sementara untuk kegiatan AKSIOMA bertujuan untuk membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas, mengembangkan potensi dan kreativitas siswa, memberi kesempatan dan penghargaan bagi siswa berprestasi sesuai dengan minat  , menumbuhkan watak jujur, tekun, cermat dan  berpandangan terbuka, membangun budaya kompetisi secara sehat, dan sportif, menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa dan membangun rasa kebersamaan antar siswa madrasah secara nasional.

Para pemenang KSM tingkat Kota Surakarta ini nantinya akan  KSM tingkatProvinsi di Kota Magelang pada tanggal 23 sampai 24 Mei 2017 dan bagi pemenang AKSIOMA akan mengikuti seleksi tingkat provinsi pada bulan Juli 2017 di Donohudan Boyolali. (dian-rma/Wul)