Mustain Ahmad : If you can speak English, you will be able to control the world

Karanganyar – Dewasa ini peran bahasa asing (Inggris, Arab, dll) sangatlah penting. Kita memang masih bisa hidup tanpa bahasa asing, namun ada banyak manfaat yang membuat hidup kita jauh lebih baik jika belajar bahasa asing dengan serius dan kemudian menguasainya. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, dimana kebanyakan literatur, berita dan petunjuk di internet menggunakan bahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Menilai perkembangan dunia dan pentingnya berbahasa asing, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad sampai-sampai mengeluarkan kebijakan untuk menggunakan bahasa asing setiap hari Rabu. Kebijakan ini dikeluarkan pada awal tahun 2015, dan sudah mulai dilaksanakan pada hari Rabu di pekan pertamanya. Awalnya penggunaan bahasa asing di kantor digunakan oleh pegawai sebagai candaan dan lelucon saja, namun setelah rabu kedua bahasa asing ini digunakan, sedikit-sedikit pegawai mulai belajar dan berkomunikasi dengan bahasa asing, terutama saat berhadapan dengan atasannya.

Good morning all, first of all, let us praise and gratitude prayed to Allah’s presence. Because of the grace and guidance we are given his health to come together on this day”, ucap Mustain mengawali pembinaan apel pada Rabu pagi, 14/1/2015.

Rabu pagi kemarin terasa spesial, karena baru pertama kalinya pegawai di Kemenag Kabupaten Karanganyar mendengar pembinaan dari Kepala Kantor yang menggunakan Bahasa Inggris sepenuhnya. Namun memang, masih diselipkan sedikit Bahasa Indonesia untuk menterjemahkan maksud dari yang disampaikan Mustain.

If you can speak English, you will be able to control the world so easily”, ucap Mustain untuk memotivasi pegawainya.

English is a fun language and we can learn English in some easy ways”, lanjutnya.

Kemudian Beliau memberitahu beberapa cara agar belajar Bahasa Inggris terasa mudah, diantaranya adalah dengan menguatkan niat belajar Bahasa Inggris, banyak belajar kosakata bahasa, belajar tata bahasa (grammar), mencoba mendengarkan, mempraktekkan Bahasa Inggris yang dipelajari dan jangan merasa takut.

Kebijakan ini disambut cukup baik oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, karena mereka memahami arti pentingnya berbahasa asing. Ada dua bahasa asing yang mulai dipraktekkan dan dipelajari pegawai disini, yaitu Bahasa Arab dan Inggris, namun kebanyakan pegawai memilih sedikit mempraktekkan Bahasa Inggris. Dalam waktu dekat, Kasubbag TU, Wiharso akan memfasilitasi pegawai untuk belajar kedua bahasa tersebut di kantor. (Hadi)