Mustain : Jangan Lelah Mencintai Kementerian Agama

Karanganyar – Jangan lelah mencintai Kementerian Agama. Demikian dikatakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad dalam acara Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama menyambut Hari Amal Bakti ke-71 Kementerian Agama Tahun 2017 di GOR Raden Mas Said, Karanganyar, Kamis (29/12).

“Dari waktu ke waktu Kementerian Agama telah membuktikan kepada bangsa ini sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya tema yang kita usung saat ini adalah Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama, sebagai bentuk penegasan atas eksistensi kita dihadapan masyarakat,” ucap Musta’in.

Selain Kepala Kantor, Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara, kegiatan jalan sehat ini juga dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama serta Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Karanganyar. Sedikitnya ada lima ribu orang yang mengikuti kegiatan jalan sehat ini, mulai dari unsur RA, MI, MTs, hingga MA beserta sanak keluarganya.

Kementerian Agama merupakan Kementerian/Lembaga yang mendapatkan APBN terbesar ke empat se Indonesia, dimana lebih dari delapan puluh persen anggarannya dipergunakan untuk kepentingan Pendidikan Madrasah. Atas hal tersebut, orang nomor satu di Kemenag Karanganyar ini mengatakan bahwa itu tidak hanya disambut dengan rasa gembira, namun diimbangi dengan tanggung jawab yang besar untuk menjaga pelayanan yang terbaik pada masyarakat di bidangnya masing-masing.

“Ada dua hal yang saya minta dari semua unsur di Kementerian Agama, pertama adalah perbaikan pelayanan dan kedua adalah perbaikan kinerja,” tegas Musta’in.

Mengutip pernyataan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Farhani yang menutup kegiatan Diklat di MAN Karanganyar kemarin, Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa Kementerian Agama saat ini memiliki citra positif di masyarakat. Pertama dari sisi disiplinnya karena menerapkan sistem presensi elektrik dan yang kedua terkait kinerjanya yang mana telah diumumkan oleh lembaga survei nasional saiful mujani.

Diakhir sambutan, Kepala Kantor mengatakan bahwa isu yang paling seksi dan krusial untuk mengusik kehidupan berbangsa dan bernegara adalah Agama. Oleh karenanya Ia menghimbau agar umat beragama yang dimotori oleh tokoh agama dimana energi utamanya adalah Keluarga Kemenag harus waspada dan menjaga hal tersebut.

“Orang Kementerian Agama harus tampil menjadi penyelesai masalah, tampil dengan menyejukkan dan tampil dengan wajah kasih sayang. Ini tanggung jawab kita, itu tanggung jawab sejarah, tanggung jawab perjuangan kemenag yang harus kita jaga,” pungkas Musta’in penuh semangat.

Sementara itu, Bupati Karanganyar yang diwakilkan oleh Kabag Kesra Pemkab Karanganyar, Sugeng Raharjo mengucapkan terimakasih kepada Keluarga Kemenag yang telah bersama-sama membantu program Bupati Karanganyar dalam banyak dimensi. Ia juga mendoakan agar kedepannya Kemenag menjadi lebih maju dan lebih baik lagi.

Sebelumnya, Kasubbag TU, Wiharso mengatakan dalam laporannya bahwa Kegiatan Kemenag dalam rangka menyambut HAB ke-71 ada banyak, diantaranya adalah launching pelayanan haji satu atap, donor darah, gebyar anak shalih dan shalihah IGRA, jalan santai kerukunan umat beragama, bakti sosial rehab mushola cemoro kandang, Tawangmangu, upacara HAB dan terakhir adalah pembinaan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng. (hd/gt)