Nasirin : MAPSI Ajang Peningkatan Seni Islami Peserta Didik

Karanganyar – MGMP PAI SMP menyelenggarakan kegiatan lomba MAPSI SMP di Komplek Masjid Agung Kabupaten Karanganyar pada hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Tarsa), Kepala Kementerian Agama (Ahmad Nasirin) serta Kasi Pendidikan Menengah Dikbud (Nur Hidayat).

Mengawali sambutannya, Kepala Kemenag menyampaikan bahwa lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) harus senantiasa ditingkatkan terus kualitasnya karena baik untuk perkembangan peserta didik.

”Kegiatan MAPSI perlu ditingkatkan terus, sebagai ajang pengembangan peserta didik dalam seni Islam,” kata Ahmad Nasirin.

Lebih lanjut Kepala Kemenag Karanganyar yang belum genap sebulan berada di Bumi Intanpari ini menegaskan bahwa Kementerian Agama akan selalu mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut setiap tahunnya.

”Kemenag akan selalu mendukung kegiatan ini yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Provinsi. Segala sumber daya yang kami miliki untuk kesuksesan kegiatan ini akan terus kita upayakan.” tambah Nasirin.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (Tarsa) menyampaikan bahwa kegiatan MAPSI ini hendaknya menjadi ajang untuk mencari bakat dan minat peserta didik dalam bidang pengetahuan islam dan seni islami. Cabang-cabang yang dilombakan hendaknya diikuti semua yaitu LCCI ( Lomba Cerdas Cermat Islami ), Khitobah/pidato, Tilawah dan lain sebagainya.

Lomba Mapsi berlangsung setiap tahun dan  untuk tingkat Provinsi tuan rumah pelaksanaan bergilir dari 35 Kab/Kota di Jateng. Pelaksanaan di tingkat Provinsi nanti direncanakan tgl 26-28 Oktober 2018 di Kabupaten Demak. Hasil seleksi Tingkat Kabupaten ini nanti dari semua cabang akan diambil 3 terbaik. Dan terbaik /juara 1 akan mewakili Kabupaten Karanganyar di Tingkat Provinsi nanti lomba ini diikuti oleh siswa/siswi dari seluruh SMP Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Karanganyar. (ida-hd/bd)