Naskah Soal Ujian Madrasah Mulai Didistribusikan

Pemalang – Naskah soal ujian madrasah berstandar provinsi tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada hari ini, Sabtu (13/5) mulai diambil oleh Pengawas Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang di Kankemenag.

Pengawas mengambil naskah yang telah dicetak oleh Seksi Pendidikan Madrasah. Pencetakan naskah soal ujian madrasah menggunakan DIPA Kankemenag tahun anggaran 2017.

“Pengambilan naskah soal ujian dilakukan oleh Pengawas Madrasah yang mewakili atau diberikan tanggung jawab tiap KKMI. Total naskah soal yang disiapkan sebanyak 2250 buah untuk 80 MI penyelenggara ujian madrasah di Kabupaten Pemalang. Naskah soal dicetak menggunakan DIPA Kankemenag”. Demikian keterangan Khabibur Rokhman, pengembang potensi siswa Seksi Penma sekaligus sekretaris panitia ujian MI Kankemenag.

Habib melanjutkan, dari 80 MI yang melaksanakan ujian, ada enam madrasah yang pelaksanaan ujiannya masih menggabung di madrasah lainnya. Hal tersebut dikarenakan keenam madrasah belum terakreditasi.

Diharapkan hari ini naskah soal bisa segera didistribusikan. Naskah soal untuk sementara akan disimpan di Dabin bersama dengan naskah soal ujian sekolah. Pagi hari sebelum pelaksanaan ujian, panitia madrasah mengambil naskah soal di Dabin. Dan pada siang hari seusai pelaksanaan ujian, panitia mengembalikan lembar jawab ke UPP Kecamatan.

Ujian madrasah tingkat MI akan dilaksanakan mulai hari Senin depan sampai hari Rabu. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. (fi/rf)