Nazir Terpilih Diminta Kelola Tanah Wakaf dengan Baik

Semarang – Zumroni terpilih sebagai Ketua Forum Nazir Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Pemilihan forum nazir ini diadakan di sela kegiatan Sosialisasi Regulasi Wakaf Angkatan XIII yang digelar pada Rabu (27/10) di aula Kemenag Kota Semarang.

Terpilihnya Zumroni dilakukan secara aklamasi oleh sekitar 100 peserta yang hadir dalam kegiatan ini. Pemilihan dipandu oleh moderator yang juga pengurus BWI Kota Semarang, Chuwaishoh. Nazir lain yang terpilih mendampingi Zumroni yaitu, M. Ali Maksum sebagai Sekretaris dan Salimi sebagai bendahara.

Ketua BWI Kota Semarang, Muslich Shabir mengatakan, pengurus yang terpilih agar bisa mengelola harta wakaf dengan baik dan produktif. Pengurus diminta pula untuk terampil di bidang IT agar bisa melakukan pembaharuan data tanah wakaf.

Nazir juga diminta amanah dalam mengurus tanah wakaf. “Beberapa syarat nazir di antaranya WNI, beragama Islam, dewasa, amanah, sehat jasmani dan rohani serta terhindar dar perbuatan buruk,” papar Muslich.

Muslich menambahkan, selepas dari kegiatan ini, Forum Nazir diharapkn segera membentuk formasi kepengurusan yang lengkap. “Setelah ini juga akan segera dibentuk WAG Forum Nazir kecamatan Gajahmungkur untuk memudahkn koordinasi dan konsultasi terkait tanah wakaf. WAG beranggotakan semua Nazhir, penyuluh agama bidang wakaf, KUA, gara zawa kemenag, perwakilan bpn dan bwi Kota Semarang,” terang Muslich.

Dijelaskan Muslich pula, forum Nazir kecamatan ini bertugas membantu pendataan, kelengkapan administrasi tanah wakaf dan koordinasi dengan Kemenag Kota Semarang, Pemkot Semarang, Kantor Pertanahan Kota Semarang dan BWI kota Semarang.

Ketua Panitia kegiatan yang juga selaku Gara Zawa Kemenag Kota Semarang dan Sekretaris BWI Kota Semarang, Cholidah Hanum menambahkan, dengan WAG ini, konsultasi dan koordinasi diharapkan dapat maksimal, mudah serta cepat. “Sehingga tanah wakaf di Kota Semarang dapat tertib administrasi dan produktif,” ujarnya. (dinta/iq/bd)