Ngabuburit Positif Ala Greysitta MAN 2 Banjarnegara

Banjarnegara – Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan yang umum dilakukan saat menjelang buka puasa bagi sebagian masyarakat Indonesia, termasuk peserta didik MAN 2 Banjarnegara yang tergabung dalam ekstrakurikuler Band bernama Greysitta. Minggu, (9/5) Greysitta berkesempatan ngabuburit manggung di Dolanan Damen yang digelar oleh Dkuwondogiri di Komplek Persawahan Rest Area Gili Lori Dusun 1 Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Madrasah, Ridlo Pramono menyambut positif kegiatan tersebut. “Bagus sekali, ini menambah pengalaman mereka untuk tampil di luar madrasah. Selain bisa mengasah bakat dan minat, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang promosi madrasah. Madrasah bisa mengcover berbagai bakat dan minat siswa salah satunya dalam bidang musik band ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Heri Wiwit Purnomo selaku Pembina Ekstrakurikuler Band. “Selain mengisi waktu ngabuburit, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan MAN 2 Banjarnegara yang tidak hanya unggul dalam agama, olahraga, dan akademik, tetapi juga mampu menampung peserta didik yang berbakat dalam dunia seni musik dalam hal ini band. Sehingga bisa menjadi daya tarik masyarakat agar memasukkan putra-putrinya ke MAN 2 Banjarnegara,” terangnya.

Beliau menambahkan tidak ada latihan khusus untuk kegiatan ini karena Greysitta memang sudah rutin berlatih setiap pekan.

Kegiatan manggung yang berlangsung sekitar satu jam ini diisi dengan berbagai macam lagu dengan genre religi. Enam orang yang tergabung dalam Greysitta mengaku senang dapat tampil di Dolanan Damen tersebut.

“Kami tentu saja senang dapat mengisi kegiatan ngabuburit dengan hal positif. Melalui kegiatan ini, kami bisa memperoleh pengalaman baru dan menghibur para pengunjung. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggan untuk kami,” ungkap Dzakiy Restu Anggara yang menjadi Keybordist di Greysitta. Kegiatan manggung berakhir sekitar pukul setengah enam sore yang ditutup dengan sesi foto bersama. (ta/ak/rf)