Ngapain Nikah Siri, Gratis Saja Di KUA

Batang – Dengan mengusung tema besar “Ngapain Nikah Siri, Gratis Saja Di KUA”, Kemenag Kab. Batang mengikuti kegiatan pawai mobil hias yang diselenggarakan oleh Pemda Kab. Batang dalam rangka mempringati HUT RI ke-73 tingkat Kab. Batang pada Minggu (19/08) yang menyusuri jalan-jalan protokol kota Batang .
Plt. Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Subkhi yang duduk diantara para pejabat Pemda di panggung kehormatan menjelaskan, bahwa kemenag kali ini menampilkan mobil hias, dengan mengambil tema besar Nikah di KUA Gratis. 

“Kali ini kemenag menampilkan mobil hias yang diatasnya terdapat sepasang pengantin yang telah diakad dan dicatatkan oleh KUA, tema yang ditampilkan dalam replika dan mobil hias ini adalah tentang Nikah di KUA gratis, serta memberi anjuran kepada masyarakat untuk tidak melakukan nikah siri”, katanya.

Menurutnya hal ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2014 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Agama, dimana disana dijelaskan, pencatatan nikah di KUA gratis tidak dipungut biaya sama sekali, sedangkan pencatatan pernikahan diluar KUA dikenakan biaya Rp. 600 000 yang dibayarkan langsung oleh calon pengantin di Bank  yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Pilihan tema besar ini didasarkan pada PP.No.48 tahun 2014 tentang tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kementerian agama, dimana didalamnya mengatur tentang pencatatan nikah di KUA gratis dan pencatatan diluar KUA Rp.600 000,- sebagai PNBP,” lanjutnya.

Subkhi juga menuturkan, tema ini dipilih karena PNBP pencatatan nikah merupakan penerimaan negara terbesar setiap tahun yang digunakan untuk membangun negara, selain itu perlu adanya sosialisasi secara terus menerus pada masyarakat agar masyarakat benar-benar mengetahui tentang hal itu. Kita juga memberi anjuran kepada masyarakat agar jangan melakukan nikah siri, karena banyak akibat  hukum yang dapat merugikan kususnya bagi istri maupun anak-anaknya,

Pawai mobil hias itu diikuti oleh seluruh instansi, juga insttitusi swasta se Kabupaten Batang yang mengambil rute lapangan dracik, jl. Gajah Mada, jl.Pemuda, jl.Sindoro, jl.Tentara Pelajar, jl. Dr. Wachidin, jl. A.yani hingga finish di alun-alun Kab. Batang. (Zy/rf)