On Job Training PKB Mapel Bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Rembang

Rembang – Sebagai salah satu dalam memotivasi guru untuk tetap memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional, melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MGMP Bahasa Indonesia, hari ini Kamis (28/10) berlangsung kegiatan On House Training yang dipandu langsung oleh Fasilitator Propinsi Miftahul Huda S.S, M.A.

On House Training diterapkan secara langsung di masing-masing madrasah dengan bimbingan langsung dari fasilator daerah dan propinsi, termasuk di MTs Negeri 2 Rembang. Dalam praktik lapangan yang diikuti oleh 3 orang guru mapel Bahasa Indonesia Drs. Toharudin, Eko Munjayanah dan Dyna Muffa Sholikah, S.Pd mempraktekkan musikalisasi puisi bersama siswa Bertindak sebagai guru model adalah Drs. Toharudin , reflektor Eko Munjayanah, S.Pd. dan Dokumentator . Dyna Muffa Sholikah, S.Pd

Disampaikan oleh Toharudin bahwa dengan model pembelajaran yang dipraktekkan ini siswa mengikuti dengan antusias, “Siswa benar-benar merasa senang dan tertarik” ungkap Toharudin. Dalam praktek Musikalisasi Puisi ini Toharudin dan kawan-kawan memanfaatkan peralatan musik sebagai media belajar dengan mengambil Puisi Salju karya Wing Kardjo.

Menurut Miftahul Huda, PKB bagi guru memiliki tujuan agar dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. ‘Selain itu, PKB juga memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki. Perkembangan zaman yang begitu cepat menuntut guru untuk terus meningkatkan kompetensinya sehingga akan memperkuat posisi sentral tenaga pendidik” kata Miftahul Huda. Dia mengakui, model pembelajaran yang praktekkan di MTs Negeri 2 Rembang benar–benar kreatif dan menarik. (Wient).