Operasional Haji, Jateng Lantik PPIH untuk Embarkasi/ Debarkasi Solo

Surakarta (PHU) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Tahun 1439 H/ 2018 M telah terbentuk dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 253 Tahun 2018. Pada hari Kamis tanggal 5 Juli 2018 bertempat di Hotel Sunan Surakarta, PPIH Embarkasi Solo Tahun 1439 H/ 2018 M dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Jawa Tengah, Herru Setyadi, Kamis (05/07).

“Perlu diketahui bersama bahwa didalam penyelenggaraan ibadah haji, dimana pelaksanaan ibadah haji merupakan rukun Islam ke-lima yang mengejawantah-kan wujud ritual dari masing-masing individu baik muslim maupun muslimah dunia dan tidak lupa Warga Negara Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar ini maka semuanya ingin melaksanakan ritual tersebut dengan sebaik baiknya,” ujar Herru.

Dikatakan bahwa PPIH sebagai institusi bagian dari Pemerintah dibawah naungan Kementerian Agama sebagai instrumen yang dibentuk Pemerintah untuk meningkatkan efektifitas sekaligus efisiensi pelayanan kepada jemaah haji. Herru juga berharap PPIH bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan dan keteladanan terhadap jemaah haji sehingga jemaah haji dapat melaksanakan ibadahnya dengan tenang, aman, dan nyaman selama di Embarkasi.

“PPIH agar dapat memahami aturan, tata krama dan mampu menempatkan diri terhadap aturan yang ada. Dan saya titip pesan kepada PPIH dan petugas haji yang bertugas di tanah suci untuk dapat mempedomani aturan yang berlaku,” harapnya.

Heru menyampaikan bahwa jemaah haji Indonesia merupakan interpretasi dari bangsa Indonesia. Beliau berharap agar petugas dan jemaah haji selama di tanah suci dapat mentaati aturan agama dan aturan negara selama disana.

“Jemaah haji Indonesia merupakan interpretasi bangsa Indonesia saat di tanah suci, 'ojo ngisin-ngisinke negoro lan bongso Indonesia'. Tunjukkan bahwa negara kita adalah negara yang berkecukupan dan menjunjung tinggi adat istiadat,” tandas Heru.

Diakhir sambutannya Herru menambahkan agar PPIH dapat bekerja dengan penuh tangung jawab dalam melayani jemaah haji dan berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan sukses.

“Selamat kepada semuanya yang telah dilantik pada hari ini, semoga dapat segera bekerja melaksanakan tugasnya sebagai PPIH Embarkasi Solo yang di 'mandegani' oleh Bapak Kakanwil. Dan semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mendapat petunjuk dan bimbingan-Nya,” pungkas Heru. (djs/gt).