Optimalisasi Supervisi Guru Madrasah, untuk Pendidikan Berkualitas

Kota Magelang – Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Salamun, S.Ag.,M.Pd.I., melakukan supervisi terhadap sejumlah guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Iman, Kota Magelang, Kamis (25/10). Dijelaskan Salamun, supervisi yang dilakukan terdiri dari persiapan guru sebelum mengajar, saat proses belajar mengajar, dan sesudah proses belajar mengajar di kelas.

“Saya ingin melihat secara langsung, media kelengkapan dan persiapan pendukung dalam proses belajar mengajar di kelas,” ucap Salamun.

Dengan adanya supervisi, para guru diharapkan dapat merubah tradisi lama yang tidak memberi manfaat bagi siswa yaitu pembelajaran konvensional. Sebab hasil yang baik akan diperoleh dari persiapan dan proses yang baik pula.

“Apa yang diamati ini bisa dijadikan referensi untuk memberikan pembinaan agar pada proses belajar mengajar selanjutnya lebih baik,” lanjutnya.

Ia juga menghimbau kepada para guru madrasah agar bersama-sama menjalankan tugas masing-masing dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Pengawas berharap para guru madrasah akan terus melakukan inovasi dalam banyak hal, utamanya dalam mengedepankan proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan, sehingga prestasi siswa akan terus meningkat. Selain itu, yang paling utama adalah mampu mencetak generasi bangsa yang berkarakter. Mustahil, guru mampu mengembangkan karakter peserta didik jika proses pembleajarannya tanpa adanya inovasi dan kreasi. Supervisi guru adalah salah satu instrumen vital dalam peningkatkan mutu pembelajaran.

Kegiatan supervisi diharapkan mampu memacu kreativitas guru agar lebih produktif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang profesional. Supervisi atau kunjungan kelas di madrasah dilakukan secara rutin dan terjadwal yaitu sebanyak lima kali dalam satu semester, sehingga langkah perbaikan dan penyempurnaan dalam kegiatan pembelajaran dapat terlaksana melalui pembinaan dan memberikan arahan.(Lilik/Sua)