OSIM MAN 1 Cilacap Gelar Festival Film Pendek

Cilacap – Pertama kali Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Cilacap menggelar festival film pendek pada Sabtu (09/12) bertempat di GOR MAN 1 Cilacap. Festival tersebut diikuti oleh seluruh jurusan baik IPA, IPS, Keagamaa dan Bahasa dari kelas X sampai kelas XII. Jumlah peserta yang mengikuti seharusnya sepuluh, namun yang memenuhi kriteria sebanyak enam judul.

Kegiatan ini telah disosialisasikan sebulan lalu tepatnya pada (11/2017)  dengan kriteria durasi waktunya berkisar dua sampai 30 menit dengan tema “Semangat Jiwa”.

“Tujuan festival ini adalah untuk menggali kreativitas khususnya dibidang film pendek. Siswa madrasah tidak melulu belajar masalah agama saja. Kemudian dari film yang disertakan akan dicari film favorit, ide cerita terbaik dan sound track terbaik”, kata Burhanuddin Kusuma siswa kelas XII-IPA 1 selaku ketua panitia.

“Festival Film Pendek ini juga merupakan ajang kreativitas pengganti kegiatan class meeting yang agendanya biasanya olah raga, kita mencoba tantangan baru”, tambah Suprihatin selaku pembina OSIM.

Dari film yang terkumpul diperoleh judul-judul antara lain;  1) Jalan Tengah (XII-IPS), 2) Guru ( XII-IPA), 3) Hukum Karma (XI-IPS 2-3, 4) Rail Fans-Mencari Cinta (XI-Keagamaan), 5) Tidak ada judul (XI-Bahasa), 6) Tidak ada judul (X-IPA).

Kesan positif juga didapatkan dari beberapa komentar yang berasal dari beberapa siswa. Haryani (XII-keagamaan): ”Bagus, bisa memotivasi berkarya film yang baik terutama dalam teknis pembuatannya”. Lain lagi menurut Widiantoro (XII-IPA1): ”Cukup baik untuk mengembangkan kreativitas dalam membuat film pendek. Kedepan lebih ditingkatkan terutama dalam persiapan”. Amanatul Mutoharoh (XII-Keagamaan) menanggapi dengan antusias,”Luar biasa, kita bisa mengepresikan diri kita dengan cara berbeda yaitu dengan cara membuat film”.

Setelah dilakukan pemutaran semua film diperoleh hasil sebagai berikut, untuk juara film favorit disabet “Jalan Tengah” dari kelas XII-IPS, sebagai film dengan ide cerita terbaik diperoleh “Guru” karya kelas XII-IPA dan sound track terbaik “Hukum Karma”  yang dibesut kelas XI-IPS 1 dan 2. Penyerahan piala dan hadiah diserahkan langsung setelah pemutaran selesai oleh Sutiasno selaku Wakamad Kesiswaan MAN 1 Cilacap.(AS/bd)