OSIS MAN Batang Gelar Kegiatan Bersih-Bersih Masjid Setiap Jumat

* Anggota OSIS MAN Batang sedang membersihkan masjid

Batang – Melatih siswa lebih peduli terhadap kebersihan masjid agar ibadah makin nyaman dan khusyuk terutama pada masa saat pandemic Covid-19, Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) OSIS MAN Batang menyelenggarakan kegiatan bersih-Bersih Masjid(BBM SEJUTA)  Setiap Jumat Sebulan sekali, dan kali ini tepatnya pada hari Jumat (17/09) kegiatan dipusatkan di masjid Baituttawwabiin Kabundelan Karangasem Selatan Batang yang diikuti oleh para pengurus osis, dengan koordinasi bidang ABDIMAS.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk gerakan cinta masjid, gerakan kembali ke masjid. Kegiatan  dimulai dari menyapu lantai, mengepel,  sampai membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu. Disamping membersihkan sekitar lingkungan masjid, juga diadakan pemberian bantuan alat kebersihan berupa sapu, alat pel, ember dan sabun lantai.

Kepala MAN Batang, H.A.M Alwi menyampaikan rasa bangganya dengan kegitan ini, karena kegiatan ini dapat membentuk karakter relegius serta jiwa sosial yang tinggi bagi genersi muda MAN Batang.

“Saya mendukung dengan sepenuhnya kegiatan bakti masyarakat ini, inilah salah satu wujud kepedulian dan kecintaan kita terhadap kebersihan, sekaligus dapat berkontribusi terhadap lingkungan sekitar,” kata H.A.M. Alwi.

Sementara itu Pengurus Ta’mir masjid Baituttawwabiin Kabundelan Karangasem Selatan Batang Ustadz Romadhon, sangat berterima kasih dan sangat mendukung kegiatan pengurus OSIS MAN Batang seperti ini. disamping membantu tenaga kebersihan masjid, juga usaha untuk. melatih dan mendorong pemuda untuk lebih mencintai masjid sehingga akan tumbuh usaha untuk ikut meramaikan masjid dengan kegiatan kegiatan yang positif

“ Selaku takmir saya menyampaikan terimakasih pada MAN Batang yang telah berinisiasi lewat para siswanya melakukan kegiatan kebersihan di masjid ini, saya yakin ini adalah pendidikan yang sangat baik terhadadap para siswa setidaknya mereka akan tumbuh rasa cintanya terhadap masjid dan akan berusaha ikut memakmurkan masjid nantiny,” ungkapnya.

* Suasana kegiatan kebersihan oleh OSIS MAN Batang di salah satu Masjid di Kecamatan Batang

Sedangkan koordinator Departemen Humas Abdimas OSIS MAN Batang Indra Jaya, menyampaikan bahwa ini adalah awal dari programnya,semoga ini akan menjadi awal yang baik bagi Pengurus OSIS untuk menumbuhkan kepekaan, rasa peduli dan dasa memiliki terhadap masjid, semoga kita tergolong pemuda yang dijanjikan Rosullullah akan mendapatkan perlindungan kelak di hari dikumpulkannya manusia dipadang mahsyar. Disamping itu, program ini juga sebagai wujud syukur setelah kemarin dilantik sebagai pengurus osis. 

“Mari kita bersama mewujudkan dan memotivasi para pemuda agar lebih cinta kepada masjid,kita jadikan ini sebagai ikhtiar, agar jamaah yang akan beribadah dimasjid akan merasakan kenyamanan dan terhindar dari virus covid-19,”  ucap indara.

Pembina OSIS MAN Batang Akhmad Muzakki dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya mendukung sekali kegiatan yang dipelopori oleh Humas Abdimas apalagi kegiatan itu langsung ditengah masyarakat dan dapat bermanfaat.

“Kami sangat senang dan mendukung sekali dengan program yang dipelopori pengurus OSIS departemen Humas Abdimas, program yang perlu diistiqomahkan sebagai wahana untuk mengedukasi pengurus OSIS pada khususnya dan masyarakat pada umumnya akan pentingnya membiasakan perilaku hidup bersih, baik di lingkungan rumah maupun masjid dan untuk mewujudkan masjid bersih dan nyaman, terlebih dimasa pandemi ini,  OSIS MAN Batang harus menjadi garda terdepan dalam usahanya untuk berbakti dan mengabdi kepada masyarakat, dan inilah program yang tepat. “  tegas Akhmad Muzakki.

Salah satu peserta kegiatan Aurora Clarinta mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan  pasti akan mendukung suksesnya program dari Departemen Humas abdimas, kususnya kegiatan semacam ini, saya mulai tergugah dan tumbuh kepekaan dan untuk lebih peka terhadap masjid, terlebih selama ini yang terjadi kebanyakan yang membersihkan, meramaikan, muadzin dan iqomah kebanyakan orang tua. Untuk itu dia mengajak generasi muda, kita harus lebih semangat lagi untuk memberikan setitik bakti kita untuk menciptakan masjid yang nyaman dan bersih. (Endon Nurcahyati/Zy)