Outdoor Study MtsN 2 Kota Semarang, Sobo Ndeso Sobo Kali

Semarang – Bertujuan memberikan pembekalan siswa dalam menumbuhkan semangat dan motivasi belajar, MTs Negeri 2 Kota Semarang menggelar outdoor study dan homestay di Dusun Gadingsari Sawangan Kabupaten Magelang. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana refreshing bagi siswa kelas VII dan VIII menjelang Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Sedangkan bagi kelas IX menjelang pengumuman Ujian Nasional, kegiatan ini merupakan bagian dari acara perpisahan akhirussannah dan pengumumuman kelulusan siswa.

Kegiatan dilaksanakan 2 (dua) tahap, pertama diikuti kelas IX (13 sd 14 Mei) dan tahap kedua dengan peserta kelas VIII (19 sd 20 Mei). Selain peserta didampingi oleh wali kelas, pengawas madrasah Chafshoh dan kepala madrasah Junaidi turut serta pada kegiatan tersebut.

Sebelum sampai ke lokasi peserta menikmati indahnya ciptaan Ilahi berupa pemandangan alam dan gunung Merapi dengan kawahnya di Ketep Pass dengan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut. Ketika sampai di desa wisata Gadingsari rombongan disambut oleh Kepala Desa dan pengurus Karang Taruna setempat. Wisata yang dikembangkan di tempat yang berjarak 18 km dari Gunung Merapi ini bertajuk “Sobo Ndeso, Sobo Kali”. Di lokasi ini peserta menikmati alam pedesaan dengan susana sejuk dan damai serta berbaur dengan kehidupan masyarakat pedesaan.

Berbagai aktivitas yang dilakukan antara lain para siswa melihat dan mempraktikkan pembuatan tempe dan abon lele. Juga dipraktikkan beraneka produk keterampilan hiasan berbahan kertas. Setelah itu peserta diajak “nyemplung” kolam menangkap ikan nila, dan outbond hingga yang paling seru berpetualang tubing di Kali Dadar. Para peserta menyatu dengan alam dengan bermain menyusuri aliran sungai bebatuan yang berhulu di Gunung Merbabu. Lokasi ini dikembangkan sebagai pelengkap alternatif wisata di kawasan Kabupaten Magelang.

Pada malam hari diadakan malam inagurasi menampilkan bakat siswa. Warga Gadingsari juga mempersembahkan tarian khas desa wisata tersebut. Hiburan ini menjadi hiburan yang cukup menarik dan mengesankan bagi semua peserta dan warga setempat.

Ketika dimintai keterangan seusai kegiatan, Selasa (23/05) Kepala Madrasah Junaidi berharap dengan kegiatan tersebut dapat menambah jalinan silaturahmi di antara siswa terlebih bagi siwa kelas IX yang akan meninggalkan madrasah. “Aktivitas dan keseruan outbound serta kegiatan lain disamping refreshing bagi peserta juga akan menjadikan peristiwa yang berkesan dan menyenangkan bersama teman dan gurunya ketika belajar di MTsN 2,” kata Kamad. “Dengan homestay juga dimaksudkan mendekatkan pada masyarakat sehingga siswa berlatih sosialisasi dan menambah keakraban sesama.” pungkas Junaidi.(mrsyd-ch/gt)