Pagi Khasanah di MTs Negeri Pemalang

Pemalang – Setiap pagi di MTs Negeri Pemalang dilaksanakan kegiatan pagi khasanah berupa penyambutan siswa-siswi madrasah yang datang ke madrasah oleh guru, pegawai, dan sebagian siswa secara terjadwal di pintu gerbang MTs. Seperti halnya pada Senin pagi (28/8), Kepala MTs turut menyambut kedatangan anak didik.

Kegiatan salam-salaman yang dilakukan siswa kepada guru dan siswa dengan siswa merupakan kegiatan untuk membentuk kepribadian yang berbudi pekerti luhur. Demikian dijelaskan oleh Kepala MTs Negeri Pemalang, Mimbar.

Pembentukan kepribadian yang luhur dalam bentuk salam-salaman tersebut sejalan dengan ajaran Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya tiada dua orang Muslim yang bersalaman kecuali Allah SWT menghapus dosa keduanya sebelum berpisah.

Karena itu, MTs memprogramkan pagi khasanah dengan harapan budaya uluk salam, bersalam-salaman, saling-sapa, saling menghormati menjadi media silaturahmi antar warga MTs Negeri Pemalang dengan tidak memandang latar belakang mereka.

Seluruh warga MTs menyambut positif kegiatan ini, yang merupakan kegiatan awal pembelajaran di madrasah. Ketika siswa masuk kelas wajib membaca do’a akan belajar, membaca hafalan surat-surat pendek pada Juz Amma, asma’ul khusna, maupun do’a bacaan-bacaan sholat dengan harapan mereka akan lancar ketika melaksanakan sholat.

Khusus pada hari Sabtu, pagi peserta didik menghafal surat Yasin di kelas agar mereka membiasakan membacanya di malam Jum’at di rumah masing-masing. Dengan diiringi doa dari orang tua atau wali murid semoga kelak mereka menjadi anak yang soleh, mendapat ilmu yang bermanfaat dari madrasah ini. (izin/fi/rf)