PAIS Kemenag Wonosobo Rakor Persiapan USBN Agama Islam Bersama Disdikpora Wonosobo

Wonosobo – Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) menyelenggarakan Rapat Koordinasi tingkat kabupaten mengenai persiapan penyelenggaraan Ujian Nasinonal Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA dan SMK dengan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo (Disdikpora), Kamis (16/02).

Acara yang dimotori oleh Kepala Seksi PAIS Bapak Imron Awaludin, dan dari Disdikpora oleh Mustofa MPd, Kabid Pengembangan Kurikulum dan Penjaminan Mutu pada Disdikpora Kab. Wonosobo.

Rakor ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari ,  Pengawas PAI SD,SMP,SMA/SMK Se Kab. Wonosobo,   Ketua dan Sekretaris MKKS SMP,SMA dan SMK Kab. Wonosobo,   Ketua dan Sekretaris Paguyuban UPT Dinas Pendidikan Kab. Wonosobo,  Ketua dan Sekretaris MGMP PAI SMP, SMA dan SMK Kab. Wonosobo,  Ketua dan Sekretaris KKG PAI SD Kab. Wonosobo, Ketua dan Sekretaris KKG PAI SD Kecamatan se Kab. Wonosobo.

Harapan dan tujuan dari rapat ini diharapkan mampu tercipta kesepahaman anatara Kemenag dan Disdikpora Kab. Wonosobo dalam hal: Penyusunan kisi-kisi dan master  soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan kewenangan dan tanggung jawab Kementerian Agama, Direktorat Pendidikan Agama Islam  Direktorat  Jenderal Pendidikan Islam bertanggung jawab menyusun kisi – kisi soal, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyusun 75 %, Soal serta komposisi susunan menjadi master soal dengan memberdayakan guru – guru dari KKG/MGMP PAI, Soal USBN PAI SD, SMP, SMA dan SMK terdiri dari 2 (  dua ) jenis, Kementerian Agama  Kab/Kota  bersama  Dinas  Pendidikan  menetapkan waktu penyelenggaraan USBN PAI berdasarkan POS USBN.

Dalam pertemuan yang dimulai  pukul 09.00  sd 14.00 ini dimulai dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Wonosobo H. Muhtadin, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab. Wonosobo yang dapat bersinergi dalam ikut serta meningkatkan mutu pendidikan terutama Mapel PAI di Kab. Wonosobo.

 

“dengan kerjasama yang baik ini harapannya terlahir anak didik yang berkualitas dan berkarakter bagi pembangunan Wonosobo di masa yang akan datang.” terangnya.

H. Musofa, menyampaikan pola penyusunan soal USBN tahun pelajaran 2016 I 2017  20-25% dari pusat dan 75-80% dari  Daerah. Pada saat ini baru di training  untuk tim  penyusun soal mapel umum di tingkat pusat. Pola untuk soal esay 1 soal untuk kelas X, 1 soal untuk kelas XI dan 3 soal untuk  kelas XII, bobot soal kurikulum  2013 Kl  50 % K2 30% dan K3 20%. Model koreksi untuk pilihan ganda dengan scanning sedangkan Essay secara manual. Penyusunan soal tidak terlalu jauh kwalitasnya dengan soal dari pusat sehingga menunjukan soal yang standar.

Materi inti dari pihak penyelenggara PAIS Kemenag Kab. Wonosobo, H. lmron  Awaludin,  dalam ringkasan materinya beliau menyampaikan, “bahwa Pelaksanaan USBN PAI mengacu  POS Umum karena POS USBN  PAI masih menunggu tandatangan  Dirjen Pendis. ” lapornya.

Untuk kisi-kisi   USBN  PAI  SD,SMP,SMA dan   SMK  sudah   ada   dan   sudah mendapatkan pengesahan dari BNSP dan Soal USBN PAI SO dan SMP sudah jadi tinggal proses penggandaan oleh Disdikpora melalui MKKS sedangkan untuk jenjang SMA dan SMK juga sudah jadi hanya saja distribusi ke MKKS melalui  Oisdikpora   Prov.  Jateng.  Untuk  ujian  praktek  PAI di  dalam  pos USBN tidak tertuang namun karena kurikulum 2013 mengharuskan adanya penilaian  psikomotor  sehingga ujian praktek  untuk  semua jenjang  wajib diadakan adapun untuk penilaiannya di  serahkan pada satuan pendidikan masing-masing. (Humas/Af).