Pamitan Jamaah Calon Haji Hendaknya Sederhana

Sragen – Sebanyak 1.118 jamaah calon haji Kabupaten Sragen dengan seksama mengikuti manasik haji massal yang diadakan Kankemenag Sragen, Senin (17/07). Dalam manasik haji tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Farhani hadir untuk memberikan pengarahan.

Kepada para jamaah calon haji, Farhani menyampaikan bahwa kita mesti bersyukur bahwa penyelesaian proyek pembangunan di tanah suci sudah selesai, apalagi dengan penambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

“Kita mesti bersyukur bahwa kuota haji Indonesia yang semula dikurangi 20 % saat ini sudah dikembalikan seperti semula, seiring dengan selesainya proyek pembangunan di tanah suci, bahkan atas hubungan yang baik antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi tahun 2017 ini kuota Indonesia ditambah menjadi 221.000, dampaknya tentu tiap kabupaten juga meningkat,” kata Farhani.

Farhani lebih lanjut menjelaskan bahwa jumlah jamaah haji Indonesia yang demikian besar tersebut adalah yang terbesar di dunia, dan semuanya dilayani dengan baik oleh Kementerian Agama, survey kepuasaan jamaah haji atas pelayanan Kementerian Agama mencapai 80% lebih.

 “Ini artinya pelayanan Kementerian Agama dalam melayani jamaah haji telah memuaskan,”  katanya disambut tepuk tangan para jamaah calon haji. “Tidak ada kementerian di Indonesia ini yang secara rutin melakukan pelayanan kepada masyarakat dalam jumlah yang demikian besar” tambahnya.

Selanjutnya Farhani berpesan kepada para jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatannya, yang kedua para jamaah calon haji kalau mengadakan acara pamitan hendaknya secara sederhana dan terakhir saat di tanah suci nanti agar menjaga nama baik Indonesia pada umumnya dan Sragen khususnya. (ira1/wul)