Para Pelajar Buddhis Pati Kembali Berlomba dalam Sippa Dhamma Samajja

Pati – Sippa Dhamma merupakan salah satu program unggulan Direktorat Jenderal Bimas Buddha selain Swayamvara Tripitaka Gatha yang telah dilaksanakan pada bulan Juli lalu. Pelaksanaan Sippa Dhamma ini sendiri dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali.

Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Agama Buddha Kabupaten Pati menggelar Sippa Dhamma Samajja VII Tingkat Karesidenan Pati Tahun 2018, dengan tema “Cerdas dan Berkarakter”. Perlombaan pengetahuan agama dan kreativitas untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK yang diikuti oleh perwakilan dari sekolah Minggu Buddhis yang ada di karesidenan Pati ini digelar di Vihara Asokha Maura desa Plaosan Kec. Cluwak. Kab. Pati, Senin (20/8/2018)

Ketua panitia Suharwo mengatakan, Pelaksanaan Sippa Dhamma Samajja dilakukan dalam beberapa tahapan, yakni di tingkat kabupaten/kota, di tingkat provinsi, dan terakhir di tingkat nasional. Adapun tujuan dilaksanakannya Sippa Dhamma Samajja ini adalah untuk mengakomodir talenta umat Buddha khususnya kalangan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK melalui beberapa ajang perlombaan, paparnya.

Ada empat jenis lomba bagi masing-masing tingkat, yaitu Menyanyi Solo Lagu Rohani Buddha, Cerdas Cermat Dhamma, Membuat Cerita Bergambar, dan Melafalkan Syair Dhammapada. Lomba kali ini diikuti oleh 5 Kabupaten se Karesidenan Pati dengan jumlah 102 peserta, imbuh Suharwo.

Selaku ketua panitia, Suharwo berpesan kepada para peserta lomba untuk tidak hanya mengejar kemenangan. Ia sangat terkesan dengan syair Dhammapada yang dibaca saat acara pembukaan, “Kemenangan menimbulkan kebencian; orang yang kalah hidup dalam kesedihan. Orang yang tenang dan damai hidupnya bahagia karena ia telah mengatasi kemenangan dan kekalahan yang dihadapinya.”

“Perlombaan/kompetisi sesungguhnya yang dilawan bukanlah orang lain, tapi hakekatnya melawan diri kita sendiri,” tandasnya.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati Imron mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini, Dia mengharapkan agar para juara terpilih, yang nantinya akan mewakili Karesidenan Pati di tingkat Provinsi, dapat memperoleh gelar juara umum. Selain itu, tak lupa pula Kepala Kantor menyisipkan pesan, untuk bersama-sama tetap menjaga kerukunan umat beragama khususnya di Kab. Pati, dan senantiasa bijaksana dalam menghadapi berbagai isu keagamaan, serta tetap menjaga komunikasi yang baik diantara umat beragama maupun dengan pemerintah. (Am/bd)