Para Pengawas Pendidikan Ikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Virtual

Batang – Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pengawas Pendidikan Madrasah Kabupaten Batang mengikuti puncak acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar secara virtual kanal youtube Kemdikbud, pada Minggu (02/04) dirumah masing-masing. Ini benar-benar berbeda dengan acara seperti biasanya yang digelar langsung dalam bentuk upacara besar, kita hanya mengikuti acara itu dari jarak jauh, inilah masa pandemic, namun semangat dan kepedulian sebagai praktisi pendidikan .

Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kabupaten Batang H. Nafian dalam kesempatannya menyampaikan bahwa upacara Hari Pendidikan Nasional meskipun dilaksanakan secara virtual tetapi tetap dengan suasana yang hidmat.

“ Sebagai praktisi pendidikan kita harus selalu menggaungkan pelaksanaan pembelajaran meskipun dalam suasana pandemic, belajar harus tetap berjalan entah itu dengan model pendekatan daring maupun dengan pendekatan luring yang terpenting peserta didik mendapatkan haknya untuk menerima pembelajaran tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah,” jelas H. Nafian.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk para pengawas di lingkungan kementerian agama kabupaten Batang bebas mengikuti perayaan Hari Pendidikan Nasional tetapi harus mengacu pada SE dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 27664/MPK.a/TU/02.03.2021 tentang Pedoman pelaksanaan hari pendidikan Nasional tahun 2021, dimana dalam SE itu ditegaskan tentang pelaksanaan kegiatan upacara hari pendidikan Nasional di masa pandemi.

“Silahkan bapak ibu pengawas untuk mengikuti upacara ini, Sedangkan untuk instansi pendidikan di daerah dengan zona kuning dan hijau diimbau untuk mengikuti jalan upacara melalui siaran langsung di kanal youtube Kemdikbud,” tambahnya.

Sementara Agus Nugroho pengawas MTs/MA mengatakan Hari Pendidikan Nasional harus dijadikan momentum kebangkitan kita untuk lebih peduli terhadap pendidikan di Madrasah.

“ Madrasah harus memiliki kemampuan untuk bersaing dengan sekolah-sekolah umum juga harus merefleksi diri untuk maju menjadi Madrasah yang hebat dan bermartabat berkelas dunia, Jargon ini jangan hanya sebagai pemanis institusi saja tetapi harus benar-benar kita upayakan dengan langkah nyata di lapangan tidak ada yang tidak mungkin ketika kita melangkah bersama,” tegas Agus Nugroho

Dia berharap semoga momentum Hari Pendidikan Nasional ini benar-benar membawa perubahan mendasar untuk pendidikan di Indonesia, lebih kusus Pendidikan di Kabupaten Batang lebih tambah maju.

Hari Pendidikan Nasional diperingati dengan mengambil momentum kelahiran KI Hajar Dewantara, siapa yang tidak kenal dengan namanya. Dia adalah tokoh Pendidikan Indonesia yang peduli terhadap nasib bangsanya dengan jalan mendirikan sekolah Taman Siswa dan banyak berkiprah di dunia pendidikan. (Siswo/Zy)