Parade Sholawat Meriahkan Peringatan Maulid Nabi MTsN 2 Kota Semarang

Semarang – Bertujuan memberikan pembekalan siswa dalam menumbuhkan semangat dan berkarakter, MTs Negeri 2 Kota Semarang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (19/11). Mengambil tema Teladani Karakter Nabi kegiatan Peringatan Hari Besar Islam ini digelar di kampus II MTsN 2 Kota , jalan Soekarno Hatta diikuti kurang lebih 1000 siswa, 80 guru dan pegawai.

Rangkaian acara dimulai dengan pelaksanaan sholat dzhuha, dzikir asmaul husna dan bacaan tilawah alQuran oleh siswa madrasah. Selanjutnya dziba’ diiringi oleh tim rebana Gus Hadi dilanjutkan dengan mau’idhoh hasanah menghadirkan ustadz KH Ulil Albab, S.Ag dari Pedurungan.

Ustadz Ulil Albab menerangkan 4 hikmah Maulid yaitu lisy syukri bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi SAW, lil himdah yaitu memuji kepada Nabi SAW karena alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, selanjutnya thalabul ‘ilmi, mencari ilmu keimanan dan aqidah kita menuju jalan tauhid, dan terakhir lil uswah, sesuai yang digariskan dalam AlQur’an bahwa Muhammad adalah uswah hasanah bagi kita semua.

Sedangkan Kamad Fathul Hadi menuturkan kegiatan ini wujud salah satu peningkatan pendidikan karakter siswa untuk meneladani suri tauladan Nabi Muhammad SAW. Ia menambahkan yang berbeda dan turut memeriahkan kegiatan ini adalah parade sholawat ditampilkan dari masing-masing kelas mulai dari kelas VII, VIII, dan IX.

“Parade sholawat merupakan cara mendidik siswa agar cinta sholawat Nabi, sebagai siswa madrasah senandung dan bacaan sholawat wajib dilakukan. Bagi semua perwakilan kelas yang tampil akan diberikan hadiah,” ujar Kamad.

Fathul Hadi mengatakan peringatan maulid Nabi digelar setiap tahun dengan harapan segenap keluarga besar MTsN 2 Kota Semarang mengingat kembali sejarah lahirnya Nabi Muhammad SAW dan dapat memaknai Maulid Nabi dengan harapan dan do’a kesejahteraan untuk seluruh umat.

“Kegiatan ini juga dapat menambah rasa cinta kasih kita kepada Rasul disamping meneladani budi pekerti dan akhlakul karimah, kami juga berharap akan menjadikan kegiatan yang berkesan dan menyenangkan bagi keluarga MTsN 2 Kota Semarang,” pungkas Kamad. (mrsyd-ch/gt)