Paspor Calon Jamaah Haji Cadangan Lancar Tanpa Kendala

Mungkid – Proses paspor calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Magelang berjalan lancar tanpa kendala. Dari jumlah 1.094 CJH, sebanyak 802 orang sudah jadi paspornya, 212 orang sudah mempunyai  paspor, sisanya 88 orang merupakan calon jamaah haji cadangan sedang mengikuti proses pembuatan Paspor, Kamis, (22/03) di Kantor Imigrasi Wonosobo.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Hanif Hanani, menyampaikan bahwa saat ini Seksi PHU sedang memproses Paspor CJH Cadangan sejumlah 88 orang yang diberangkat dari Kemenag Kab. Magelang pukul 05.00 WIB menggunakan dua buah armada bus .

“Ini merupakan proses paspor  terakhir dari calon jamaah haji Kab. Magelang yang berhak melunasi BPIH Tahap 1 yaitu sejumlah 1.094 CJH Kab. Magelang,” kata Hanif.

Hanif Hanani mengapresiasi kinerja Kantor Imigrasi atas cepatnya pelayanan kepada para calon jamaah haji Kabupaten Magelang dalam proses pembuatan paspor. Hanif berharap metode pelayanan yang cepat dan profesional ini hendaknya dapat menjadi contoh ASN Kemenag Kab. Magelang dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji.

“Pelayanan di Kantor Imigrasi wonosobo sangat profesional hal tersebut terbukti dengan lancarnya proses paspor Calon Jamaah Haji dari tahapan awal sampai dengan pengambilan paspor yang telah jadi.  Adapun proses paspor untuk calon jamaah haji masing masing memakan waktu kurang lebih 3 menit per orang, dan jamaah dipanggil persebelas orang  dan mengantri di dalam ruang menunggu panggilan  petugas pelayanan wawancara dan foto,” papar Hanif.

Hanif menyampaikan hasil pertemuan dengan Kepala Imigrasi Wonosobo Soeryo, pihak Kanim sangat antusias menyambut dan melayani proses paspor calon jamaah haji cadangan, bahkan Soeryo meminta kepada jamaah yang menggunakan pelayanan untuk tidak segan-segan memberikan kritik dan saran kepada Kanim Wonosobo demi peningkatan pelayanan di masa mendatang.

“Untuk tahun ini khusus pelayanan paspor haji disediakan tempat khusus yaitu di halaman belakang dan tidak bercampur dengan pelayanan paspor Non Haji. Hal ini merupakan inovasi yang diterapkan Kantor Imigrasi Wonosobo, dan sangat membantu kelancaran pengurusan paspor,  khususnya bagi jamaah calon haji Kabupaten Magelang.” Lanjutnya.

Cepatnya pelayanan ini berdampak pada kepuasan calon jamaah haji. Hanif berharap metode pelayanan ini dapat diterapkan di Kantor Kemenag Kab. Magelang sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap Kementerian Agama.

Hanif menegaskan sesuai arahan Kepala Kantor Mad Sabitul Wafa,  agar proses paspor segera diselesaikan dan tuntas secepatnya agar dapat dimulai tahapan selanjutnya yaitu menata kloter dan berlanjut ke proses visa ke Jakarta.

"Usahakan proses paspor dapat selesai dan tuntas secepatnya, agar setelah itu dapat dimulai tahapan selanjutnya yaitu menata kloter dan berlanjut proses visa ke Jakarta", katanya menirukan Wafa.

“Berbagai inovasi sedang diupayakan dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat khususnya para calon jamaah haji.  Mohon doa dan restunya, untuk Layanan Satu Atap segera terwujud,” harap Hanif. (am/bd)