Pasraman Wadah Pendidikan Karakter Bangsa

Semarang, Bimas Hindu. Setiap agama memberikan ajaran menuju sebuah kebaikan bagi setiap umat manusia yang menuntun umat manusia untuk berfikir, berkata dan berbuat untuk kebaikan. Terang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani dalam arahanya kepada pengelola Pasraman di Candiview Hotel Semarang dalam acara Dialog Intern Pengelola Pasaraman, Selasa (15/5). Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta pengelola Pasraman formal maupun non formal di Jawa Tengah, yang kali ini mengambil tema “Melalui Pasraman Cerdaskan Anak Bangsa Yang Berbudi Luhur”

“Lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu Pasraman adalah tempat untuk mengladi siswa didik,” Kata Farhani

“Pasraman merupakan lembaga pendidikan Hindu yang mengedepankan pada pembentukan karakter peserta didik, ini dimaksudkan bahwa Pasraman harus mampu memberikan pendidikan dan wawasan luas tentang kebangsaan, selain pendidikan agama, keanekaragaman suka bangsa, agama dan ras merupakan keniscayaan bagi kehidupan manuasia. Dalam ajaran agama Hindu mengedepankan pada berpola pikir yang baik, berucap yang baik dan berperilaku yang baik sesuai dengan tiga kerangka dasar agama Hindu Tatwa, Etika dan Upacara,” lanjutnya.

Dengan pemahaman pendidikan keagamaan yang sesuai dengan norma kehidupan sosial harapanya kedepan kepribadian siswa didik di Pasraman adalah sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembinaan Siswa.

“Pengetahuan, perilaku yang baik adalah karakter masyarakat Indonesia yang ketimuran” ucap Farhani.

Kegiatan ini adalah sebagai usaha untuk menumbuh semangat pasraman dalam membentuk anak yang cerdas dan berbudi luhur dalam kehidupan sehari hari. Cerdas dalam hal ini adalah mempunyai kemampuan bersaing dalam bidang keilmuan dan kreatifitas. Berbudi luhur adalah bentuk dari pembelajaran agama yang mengedepankan pada pengetahuan dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan dengan memiliki rasa saling hormat pada orang tua dan kepada sesama. Untuk memupuk semangat antara pasraman maka Bimas Hindu mengadakan kegiatan Seleksi Jambore Pasraman untuk mengetahui sejauh mana prestasi dari peserta didik masing-masing pasraman. (Wahonogol/sua)