Pawai Keliling, Pengenalan Ramadan kepada Siswa RA

Semarang – Marhaban Ya Ramadhan… selamat datang wahai bulan Ramadhan…, selamat datang wahai bulan ibadah.., selamat datang wahai bulan kebahagiaan…
Ungkapan inilah yang selalu menggema pada awal bulan Ramadhan tiap tahun. Bulan Ramadhan bukan hanya milik orang dewasa. Anak-anak pun dapat merasakan berbedanya bulan ini dibandingkan bulan yang lainnya. Menjadi kewajiban bagi para orangtua dan kalangan pendidik untuk memperkenalkan bulan yang istimewa ini kepada mereka. Kerangka berpikir inilah yang mendasari guru RA IT Nurul Islam untuk mengadakan kegiatan Marhaban Ya Ramadhan 1438H, Senin (22/05).

RA Islam Terpadu Nurul Islam berlokasi di Ringinwok Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, di bawah asuhan 1 Kepala RA, 7 orang guru dan 1 orang karyawan.

Kepala RA, Latifah Hanum mengutarakan bahwa RA adalah sebuah lembaga yang tepat untuk memperkenalkan makna bulan suci Ramadhan bagi anak-anak usia dini. “Untuk itu kami menyambutnya melalui kegiatan Targhib Ramadhan. Kegiatan ini rutin kami lakukan tiap tahun,” terangnya. Pengenalan rukun Islam keempat ini diajarkan, agar siswa memahami bahwa sebagai muslim ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan.

Farida salah seorang guru menjelaskan, selama bulan Ramadhan siswanya dididik untuk latihan berpuasa setengah hari. “Selama puasa, siswa tidak diperkenankan membawa bekal makanan dan minuman. Disamping itu kami mengajarkan niat berpuasa dan do’a berbuka,” pungkasnya. (ch/gt)