PDSS Langkah Awal Sukses SNMPTN

Surakarta – Semester genap telah berjalan. Bagi siswa kelas 12, semester ini identik dengan saat pendaftaran seleksi perguruan tinggi. Salah satunya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN). Seleksi ini mempertimbangan portofolio akademik dan penelusuran prestasi. Portofolio akademik dihitung sejak kelas 10 sampai kelas 12 semester lima.

Dalam rangka mempersiapkan siswa dalam mendaftar SNMPTN, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta telah mempersiapkan diri sejak lama. Menurut Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wardimin, persiapan ini dengan membentuk tim pendaftaran SNMPTN yang sudah bekerja sejak awal Januari.

“Sebagai gelaran tahunan yang selalu hadir, SNMPTN harus dipersiapkan sejak awal. Kami sudah mengawali dengan membentuk tim yang akan menangani pendaftaran SNMPTN bagi siswa MAN 1 Surakarta. Tim ini terdiri dari guru-guru generasi muda yang memiki kemampuan IT yang handal, mengingat pendaftaran SNMPTN dilakukan secara daring,” jelas Wardimin saat ditemui di ruang kerjanya hari ini (Selasa,15/1).

Seperti diketahui pendaftaran SNMPTN dimulai sejak 4 Pebruari Р14 Pebruari 2019. Menurut koordinator  pendaftaran SNMPTN MAN 1 Surakarta, Rusdi Mustapa, sebelumnya tim sudah bekerja memasukkan nilai raport siswa di laman Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), dibuka 4 Januari hingga 25 Januari 2019.

“PDSS memuat nilai siswa dari seluruh mapel dari kelas 10 sampai kelas 12 semester lima. Nilai inilah yang akan menentukan siswa bisa melanjutkan¬† pendaftaran SNMPTN atau tidak. Jumlah siswa yang berhak mengikuti sebanyak dua puluh persen dari seluruh jumlah siswa,” urai Rusdi. Siswa yang lolos PDSS, lanjut Rusdi, melakukan pendaftaran SNMPTN. Seluruh proses dipandu oleh tim secara terbimbing. Hal ini sebagai bentuk pelayanan maksimal bagi siswa sekaligus mendukung kesuksesan lolos perguruan tinggi. Kegiatan ini juga berlaku untuk pendaftaran perguruan tinggi yang lain seperti SBMPTN, SPAN PTKIN, jalur mandiri dan lainnya.

Dengan pembimbingan yang intensif dan tanpa henti, diharapkan banyak siswa yang lolos SNMPTN 2019 dan membawa nama harum Madrasah. (rusdi_rma/wul)