Peduli Lingkungan, PMR Bersihkan Sampah

Purbalingga – Dalam rangka melaksanakan program madrasah, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018,  PMR MTs Ma'arif NU 10 Krenceng melaksanakan kegiatan "PMR MASEGA PEDULI LINGKUNGAN". Kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilaksanakan di komplek madrasah dan lingkungan sekitarnya itu dibuka oleh Kepala Madrasah, Basrun dalam upacara di halaman madrasah, Rabu (21/02).

Dalam pengarahannya, Basrun berharap agar para siswa melaksanakan kegiatan tersebut sebagai perwujudan iman seorang muslim.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan visi madrasah kita. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Pebruari ini menjadi momen yang tepat untuk mewujudkan kepedulian kita akan sampah – organik maupun non-organik di sekitar kita,” ungkap Basrun.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh PMR bersinergi dengan segenap warga madrasah ini merupakan salah satu perwujudan dari pengamalan hadits Nabi yang menyebutkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman,” tambahnya.

Turut mendampingi kegiatan tersebut Waka Kesiswaan, Suparmo dan para Pembina PMR, Tarwan, Dwi Yuliana dan Siti Amanah beserta petugas kebersihan, Sahudi.

Salah satu pembina PMR, Dwi Yuliana menjelaskan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di madrasah tersebut.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kali kami laksanakan. Karena baru tahun ini ada peringatan HPSN di madrasah kami, itupun setelah mendapat informasi dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga yang  rencananya mau sosialisasi dan edukasi sampah tanggal 27 Pebruari 2018 di madrasah kami,” ungkap Yuliana.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini melibatkan guru dan siswa dengan dukungan armada roda empat untuk mengangkut sampah yang telah terkumpul menuju ke lokasi yang telah ditentukan. (sar/gt)