Pegawai Kankemenag Kab. Pemalang Periksa Kesehatan

Pemalang – Segenap ASN dan Non ASN pada Kankemenag Kabupaten Pemalang mengikuti kegiatan POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang pada hari Kamis (9/9) pagi di ruang rapat Kankemenag.

POSBINDU PTM dilaksanakan oleh petugas dari Dinkes berjumlah lima orang yang dipimpin oleh Yuyun Harini. POSBINDU PTM diselenggarakan dalam rangka pengendalian PTM yang merupakan salah satu penyakit komorbid Covid-19 dengan melaksanakan pemeriksaan gula darah, tekanan darah, dan indek masa tubuh.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang menyambut baik adanya kegiatan ini. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Terima kasih telah melaksanakan POSBINDU PTM bagi pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Yang pasti ini kegiatan yang membawa manfaat, karena kita bisa tahu bagaimana kondisi kesehatan kita,” ujar Fahrur Rozi setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Setelah melakukan pendaftaran, pegawai diminta untuk mengisi data pribadi pada buku monitoring faktor risiko penyakit tidak menular. Pemeriksaan diawali dengan pengukuran berat badan dilanjutkan dengan pengukuran tekanan darah. Pegawai selanjutnya melaksanakan pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat. Hasil pemeriksaan dicatat oleh petugas pada buku monitoring yang selanjutnya diserahkan kepada pegawai sekaligus memberikan penjelasan terkait hasil pemeriksaan.

Pegawai Kankemenag merasa senang dengan adanya POSBINDU PTM. Mereka berharap kegiatan serupa bisa kembali dilaksanakan.

“Manfaat sekali, maturnuwun ngerti kondisi badan,” kata Mutmainah pegawai Seksi PD Pontren. Yuyun dan tim menyarankan untuk memeriksakan kesehatan secara teratur, maksimal enam bulan sekali. Hal ini agar kita mengetahui kondisi kesehatan dan lebih waspada apabila ada kondisi yang tidak normal. (fi/rf)