Pelajar diharapkan menjadi Duta Kerukunan

Semarang – Subbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Kemah Pelajar Lintas Agama di Umbul Sidomukti, Bandungan Kabupaten Semarang. Kegiatan akan berlangsung 3-6 Agustus ini diikuti sebanyak 210 orang yang merupakan delegasi dari siswa Madrasah Aliyah dan sekolah setingkat SLTA di wilayah Jawa Tengah.

Terkait output dari kemah lintas agama ini, Kasubbag Hukum dan KUB Hartanto berharap kegiatan ini dapat mewujudkan kader-kader kerukunan dikalangan pelajar lintas agama sehingga dapat mewujudkan dan menjaga kerukunan umat beragama di Jawa Tengah.

Menurut Kepala Bagian Tata usaha Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah Andewi Susetyo menyampaikan bahwa agama sangat penuh dengan nilai-nilai kebajikan. “Kita adalah masyarakat yang heterogen dan majemuk, agama mempunyai peran yang dahsyat dan memiliki kekuatan luar biasa dapat menjadi faktor yang konstruktif dalam memberikan perubahan.”

Dengan pemahaman agama yang baik, setiap manusia akan dapat memaknai hakikat hidup manusia selain sebagai makhluk Tuhan juga sabagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial kita harus dapat menjalin hubungan yang baik kepada siapapun, status social apapun dan agama apapun. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial, diharapkan dengan para pelajar yang mengikuti kegiatan ini dapat menjalin hubungan dengan siapaun sehingga kerukunan umat beragama dapat terjalin dengan baik. Jangan terprovokasi dengan beberapa kejadian yang beberapa waktu lalu sempat mencederai kerukunan yang sudah terjalin baik di Indonesia.

Diakhir sambutan Andewi mengungkapkan “Kepada para peserta jangan hanya berhenti menjalin kerukunan disini, kalian harus bisa menularkan virus kerukunan di sekolah dan lingkungan masing-masing.”

Para pelajar harus dapat menjadi duta kerukunan yang akan menyampaikan dan menggelorakan kerukunan di sekolah dan lingkunganya masing-masing (mu).