Pelaksanaan ANBK MTs Negeri 1 Banjarnegara Berjalan Lancar dan Sukses

Banjarnegara – Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. MTs Negeri 1 Banjarnegara adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan ANBK. Tepat pada Rabu, 6 Oktober 2021 pelaksanaan ANBK dimulai, sampai pada Kamis, 7 Oktober 2021.

Sebagai salah satu madrasah peyelenggara ANBK, MTs Negeri 1 Banjarnegara berharap para duta Madtsansa dapat mengerjakan soal-soal ANBK dengan baik. 50 siswa yang merupakan duta ANBK Madtsansa sudah siap mengikuti ANBK nasional. Para duta Madtsansa datang ke madrasah dan mengawali kegiatan dengan salat duha dan doa bersama dipimpin oleh Abdul Majid, pembina keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Mari kita awali kegiatan kita dengan berdoa terlebih dahulu. Kita berdoa khusus untuk kesuksesan ANBK yang akan dilaksanakan hari ini dan besok. Senjatanya orang islam adalah doa, maka dengan kita berdoa bersama insyaallah akan dimudahkan oleh Allah. Sebelum kita berdoa bersma mari kita salah duha terlebih dahulu,” tutur Abdul Majid.

Selesai berdoa bersama, 50 siswa peserta ANBK MTs Negeri 1 Banjarnegara menuju ke ruangan untuk diberi arahan oleh pembimbing. Setelah selesai menerima arahan, para duta ANBK Madtsansa berbaris dan siap memasuki ruang ujian. Dilaksanakan dua sesi, 45 siswa terbagi menjadi 2. Sesi satu diikuti oleh 30 siswa, dan sesi dua diikuti oleh 15 siswa. Secara bersamaan siswa memasuki ruang ujian 1 dan 2 dengan tertib dan tenang.

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara memantau langsung kegiatan ANBK. Beliau dengan telaten mengarahkan panitia untuk sigap dan siap dalam keadaan apapun. Eko Widodo juga berharap pelaksanaan ANBK MTs Negeri 1 Banjarnegara berjalan lancar, tidak ada kendala baik di teknis maupun nonteknis.

“Kepada segenap panitia, silakan Anda periksa setiap tugasnya jika ada kendala kita atasi bersama. Untuk anak-anakku para duta Madtsansa selamat berjuang. Nama MTs Negeri 1 Banjarnegara ada di tangan kalian semua, kalian diberi beban tapi jangan merasa dibebani. Dibawa santai saja tapi juga tetap serius. Kita berjuang bersama untuk Madtsansa kita tercinta. Kita sudah berdoa dan berusaha, selanjutnya kita pasrahkan saja kepada Allah Yang Maha Kuasa,” ujar Eko Widodo.

Sebelum ANBK dilaksanakan, beberapa awaktu lalu sudah dilakukan simulasi. Dalam pelaksanaan simulasi banyak terjadi kendala teknis seperti login error, loading terlalu lama, dan lain sebagainya. Pelaksanaan ANBK ini juga sedikit mengalami kendala teknis meskipun tidak sebanyak simulasi. Berkat sigapnya teknisi dan proktor ANBK MTs Negeri 1 Banjarnegara, kendala tersebutpun segera teratasi.  (rin/ak/rf)