Pelaksanaan UAMBN Hari Pertama di MTsN Kota Magelang Berjalan Tertib

Kota Magelang – Madrasah Tsanawiyah atau MTs di Kota Magelang, menggelar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mulai 17-20 April 2017. 

“Pelaksanaan UAMBN tingkat MTs berjalan tertib dan lancar. Seluruh MTs se-Kota Magelang melaksanakan UAMBN sesuai jadwal,” kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama kota magelang, Muhtar As’ari, saat mendampingi Kepala Kementerian Agama kota magelang Anif Solikhin, memantau pelaksanaan UAMBN di MTs Negeri Kota Magelang, Senin(17/04). 

UAMBN tingkat MTs di kota magelang tahun 2017 diikuti 2 madrasah penyelenggara UAMBN yaitu MTs N Kota magelang dan MTs Al Iman.  Adapun peserta UAMBN MTs sejumlah  471 siswa. “Pengawas sejumlah 50 orang, dengan sistem silang antar madrasah dan antar guru mata pelajaran,” tegasnya.

“Penilaian lembar jawaban komputer ujian dilakukan oleh panitia UAMBN tingkat Provinsi jawa tengah,” tambahnya.

Kepala Kemenag Kota Magelang berharap para siswa baik Madrasah Aliyah (MA) maupun MTs mendapatkan nilai yang memuaskan, karena nilai UAMBN menggambarkan pengetahuan siswa terhadap agama Islam. “Nilai yang didapatkan pada UAMBN itu akan memberikan gambaran pengetahuan siswa MA dan MTs pada bidang agama Islam serta menjadi bahan evaluasi kinerja guru mata pelajaran,” tutur Anif.

Implementasi akhlak mulia, menurut Anif, diupayakan melalui penerapan dan pembelajaran dari kebiasaan yang baik sehingga dari hal tersebut ada nilai-nilai keagamaan yang didapat dari lembaga pendidikan berbasis Islam.(M4r/Af)