Pelaksanaan UAS dan UTS MTsN Kedu

Temanggung – Memasuki tengah semester dan sebagai realisasi program kurikulum MTs N Kedu Temanggung menyelenggarakan Ulangan Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. UTS dilaksanakan selama 1 pekan dimulai Senin (6/3). Seperti layaknya UAS atau UKK, UTS dilaksanakan secara terjadwal dan didampingi oleh guru pengawas ruang. UAS atau UTS diikuti  seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedu mulai hari ini tanggal 6 – 14 Maret  2017.  Ulangan Akhir Semester bagi siswa kelas IX dan Ulangan Tengah Semester bagi kelas VII dan VIII.

Kepala MTsN Kedu, Khaerun menuturkan, pelaksanaan UAS dan UTS ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat dewan guru MTsN Kedu  dengan mengacu pada kalender akademik.

Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini tercapai berkat sosialisasi dan pembekalan sebelumnya. Masing-masing siswa masuk ruangan sesuai dengan ruang UAS atau UTS yang telah ditentukan serta dengan menunjukkan kartu peserta UAS atau UTS.

Wakil Madrasah bidang kurikulum MTsN Kedu Temanggung, Joko Prasetyo ketika memberikan pembekalan kepada para siswa pada minggu sebelumnya mengatakan bahwa tujuan UTS ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa setelah menempuh kegiatan belajar selama kurang lebih 3 bulan. Hasil UAS maupun UTS nantinya harus bisa menjadi bahan para siswa untuk melihat sejauh mana mereka telah sungguh-sungguh belajar. Sehingga sisa tengah semester berikutnya harus bisa dijadikan oleh para siswa sebagai kesempatan untuk mengejar nilai dan materi yang belum tercapai.

“Semoga kegiatan UTS ini berjalan lancar sampai akhir pelaksanaan dan bisa memberikan gambaran awal bagi para guru tentang peta kemampuan siswa juga melihat target belajar yang telah dicapai dan belum dilaksanakanan,” harapnya. (Sr).