Pelaksanaan USBN SD/ MI Berjalan Lancar Sesuai Yang Direncanakan

Temanggung – Pelaksanaan ujian USBN SD/MI yang dimulai tanggal (3 s/d 5/5) berjalan lancar, tertib dan tidak ada kendala. Dari hasil pemantauan yang dilakukan para Pengawas Madrasah di berbagai  kecamatan untuk pelaksanaan ujian  hari pertama dan kedua mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak ada masalah teknis naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI di  Kabupaten Temanggung pada hari pertama, namun pada hari kedua Jumat (4/5) pelaksanaan USBN berjalan dan matematika belum ditemukan permasalahan yang dapat mengganggu pelaksanaan ujian semua berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.

Menurut Sahro Istakhori, pengawas  Pendidikan Agama Islam yang  berkesempatan memantau di wilayah Candiroto dan Bejen dijelaskan bahwa ujian di daerah tersebut berjalan sesuai ketentuan. “Tidak kita temukan masalah baik yang bersifat administratif ataupun kesiapan sumberdaya manusianya dalam pelaksanaan ujian di daerah paling utara di Kabupaten Temanggung, soal ujian dan kelengkapan administrasi lengkap sesuai SOP,' ujarnya.

Sementara itu menurut Nur Makhsun yang memonitoring pelaksanaan ujian di Kecamatan Pringsurat, pada hari pertama di SDN  2 Pagergunung Pringsurat ditemukan ada amplop soal yang tidak disertai daftar hadir dan berita acara, tapi kepala sekolah segera membuat berita acara dan daftar hadir sendiri untuk menutupi kekurangan tersebut.

Pelaksanaan USBN SD/MI tahun ini mengacu kepada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0045/BSNP/II/2018 tentang POS Ujian. Salah satu ketentuannya bahwa soal ujian ada pilihan ganda dan uraian. Untuk koreksi dapat dilakukan  oleh K3S dan KKM MI di tingkat Kecamatan masing-masing mulai tanggal (7 s/d 9/5). Selanjutnya hasil koreksi diserahkan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk disahkan oleh pejabat yang berkompeten.

Disela-sela peninjauan USBN Nur Makhsun memotivasi para kepala sekolah dan para guru untuk terus meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar di sekolahnya masing-masing, sehingga dapat melahirkan anak didik yang berkarakter, berilmu pengetahuan, beriman dan bertaqwa.

“Semua itu sebagai sumbangsih kita untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang berkualitas dimasa mendatang,” katanya.

Makhsum  juga  menjelaskan bahwa jadwal USBN tingkat SD dan MI secara serentak diawali mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian hari kedua, Jumat (4/5) pelajaran Matematika dan hari ketiga Sabtu (5/5) mata pelajaran IPA pungkasnya.(nm/sr/rf)