Pelantikan Dewan Galang MTsN 2 Surakarta : Pengurus Harus Bisa Jadi Contoh

Surakarta – Bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November 2018, Gerakan Pramuka Gugus Depan MTsN Surakarta II 01365 mengadakan upacara pelantikan Pengurus Dewan Penggalang  masa bakti 2018 /2019, di halaman madrasah, Senin (12/11) kemarin.

Pelantikan  Dewan Galang  MTsN 2 Surakarta tersebut bersamaan dengan pelaksanaan upacara bendera memperingati hari Pahlawan.

Kepala Madrasah sekaligus sebagai Mabigus MTsN 2 Surakarta, Bukori, selaku Pembina upacara  mengatakan bahwa pengurus Dewan Galang harus menjadi contoh kedisiplinan dan tolong menolong bagi siswa lain sesuai dengan janji Tri Satya.

Setidaknya, 40 pengurus Dewan Galang  yang baru dilantik,  berbaris membentuk formasi untuk mengikuti prosesi penyerahan TKK (Tanda Kecakapan Khusus) dari pengurus Dewan Galang lama.

Tak lupa tiga bendera kebanggaan juga dibawa untuk diserahkan kepada pengurus Dewan Galang baru. Terdiri dari  bendera merah putih, bendera pandu, dan bendera madrasah. Penyerahan bendera tersebut sebagai simbol serah terima jabatan kepengurusan pramuka kepada pengurus Dewan Galang baru.

Selesai penyerahan bendera, pengurus Dewan Galang secara bersama-sama mengucapkan janji tri satya dan menyatakan kesediaannya untuk menjadi pengurus Dewan Galang MTsN 2 Surakarta.

Di akhir upacara, Bukori mengajak agar seluruh peserta didik dapat mengamalkan tri satya dan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari. Apabila tri satya dan dasa dharma ini diamalkan maka akan membawa dampak positif dalam diri anak-anak. Anak-anak akan lebih baik dan jauh dari kenakalan remaja, tegas Bukori. (sdq_rma/bd)