Pelatihan BTQ bagi GPAI SD dan SMP di lingkungan Pemkab Kebumen

Kebumen – Kementerian Agama melalui seksi PAIS bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pelatihan BTQ (Baca Tulis Al quran) bagi Guru Pendidikan Agama Islam tingkat SD dan SMP di Hotel Candisari Karanganyar selama 4 hari (10-13 April).

Hadir pada pembukaan pelatihan Bupati Kebumen H Muhamad Fuad Yahya beserta Jajarannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H Imam Tobroni dan juga Penyuluh Agama Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen serta Pengurus BADKO TPQ Kabupaten Kebumen.

Menurut Kasi PAIS Hj Suwaibatul Aslamiyah bahwa penyelenggaraan pelatihan BTQ yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen ini adalah dalam rangka mempersiapkan GPAI untuk mendirikan TPQ/BTQ di lingkungan sekolah, ” dengan lembaga ini semakin meningkatkan kemampuan anak-anak terkait Baca Tulis Al-Quran,” kata Suwaibatul.

Selanjutnya dia juga memberikan informasi tentang pelaksanaan BTQ di sekolah nanti akan di terapkan pada tahun ajaran pembelajaran 2017/2018 dalam program ekstra kurikuler sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Bupati  nomor 31 tahun 2016 tentang Pendalaman Kitab Suci.

Kegiatan ini diikuti oleh 599 GPAI SD ,  81 GPAI  SMP & 7 Pengawas yang terbagi menjadi 11 kelas, dengan jam belajar mulai pukul 07.30 s/d 16.30 setiap harinya. Sementara itu pemateri diisi oleh Penyuluh Agama Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan juga Pengurus BADKO TPQ Kabupaten Kebumen.

Adapun materi Pelatihan BTQ meliputi : Manajemen dan Administrasi, Silabus BTQ, Penyusunan Prota Promes BTQ, Penyusunan RPP BTQ, Langkah-langkah Pembelajaran BTQ, Ilmu Tajwid, Materi BTQ per jilid dan micro teaching.(mur/pt/Af)