Pelatihan Menggambar, Upaya IGRA Klaten Tingkatkan Kompetensi

Klaten – Guru yang berkualitas akan melahirkan anak yang berkualitas pula. Untuk meningkatkan kompetensi guru, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) se Kabupaten Klaten mengikuti Pelatihan Menggambar Guru RA/BA Jurus-Jurus Menggambar dari NOL dengan Mudah Sebagai Upaya Stimulasi Aspek Perkembangan Anak. Sebanyak 651 mengikuti pelatihan di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten (16/3).

Ketua IGRA Kab. Klaten Maryani menuturkan, pelatihan menggambar tersebut diikuti oleh seluruh guru RA/BA di Kabupaten Klaten. “Jadi pelatihan ini sangat penting bagi guru RA/BA, dimana dalam proses pembelajaran kegiatan menggambar ini menjadi akitivitas yang disenangi anak, sehingga guru harus bisa dan paham bagaimana cara menggambar dari nol (belum bisa) yang benar”, terang Maryani.

Keterampilan dan kemampuan yang dimiliki guru, bisa ditularkan kepada peserta didiknya dan berharap kualitas pembelajaran dan proses pembelajaran di kelas makin optimal.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Anif Solikhin mengatakan Kemenag Klaten memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada semua guru RA/BA, dengan honor yang kecil, terus bersemangat dalam mengembangkan dan terus belajar untuk memajukan anak usia dini melalui kegiatan pelatihan ini.

“Semoga pemerintah kedepannya akan lebih memberikan perhatian pada guru RA/BA, karena sebagai guru yang luar biasa, menanamkan karakter anak usia dini”, harap Anif.

Kegiatan menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang paling dominan di RA/BA. Seperti yang dikatakan Anif, “Menggambar dan mewarnai ini juga bagus untuk melatih motorik dasar anak, jadi otomatis dalam pembelajaran di RA/BA aktivitas mewarnai lebih dominan, sebagai upaya stimulasi aspek perkembangan anak”.

Saiful Haq narasumber pelatihan menuturkan cara menggambar bisa dimulai dari bentuk dasar, seperti dari lingkaran, segi tiga, segi empat dan lainnya sebagai objek pertama menggambar, sedangkan untuk mewarnai, teknik yang digunakan bermacam-macam tergantung dari pensil warna yang digunakan. (aj/Wul)