Pelatihan Model dan Stragtegi Pembelajaran Kurtilas Guru MTs Mathalibul Huda

Jepara – MTs Mathalibul Huda Mlonggo mengadakan Pelatihan Model Dan Stragtegi Pembelajaran Kurikulum 2013 khusus bagi para guru yang mengajar di lingkungan MTs Mathalibul Huda, Kamis (19/10). Kegiatan ini dihadiri pengawas madrasah, Kepala MTs Mathalibul Huda, dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jepara, dengan narasumber Nor Khamid. Beliau adalah Tim Pengembangan Kurikulum PAIS Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Kepala MTs Mathalibul Huda, Nor Kholiq, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kualitas mengajar para guru supaya anak didik bisa semakin menyukai dan menikmati proses belajar mengajar di kelas.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jepara, Nor Rosyid, menambahkan, “Kurikulum 2013 ini dianggap baru, maka dari itu harus ada penunjang dalam rangka mensukseskan pelaksanaan kurikulum tersebut. Penunjang tersebut diantaranya pelatihan-pelatihan, seminar, workshop, dll. Diharapkan dengan adanya penunjang tersebut para guru bisa menguasai kurikulum yang baru ini dimana hasil akhirnya akan kembali ke anak didik kita. Sehingga anak didik kita bisa kreatif dan inovatif, serta lebih maju lagi” ujarnya.

Beliau juga menambahkan. “Perbedaan mendasar Kurikulum 2013 ini dengan sistem pendidikan yang terdulu adalah adanya timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Sistem pendidikan terdahulu bertumpu pada bagaimana pendidik menyampaikan isi materi pelajaran, tanpa timbal balik yang maksimal dari peserta didik. Lain hal dengan Kurikulum 2013 ini, justru timbal balik dari peserta didiklah yg menjadi penentu kesuksesan belajar mengajar di kelas. Bahkan jika timbal balik dari peserta didik bisa sampai 50% lebih, maka kegiatan belajar mengajar tersebut bisa dikatakan telah sukses menerapkan Kurikulum 2013” tutupnya. (lk/bd)