Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Google Application

Kab. Pekalongan-. MTs Negeri 2 Pekalongan menggelar pelatihan penggunaan google meet sebagai kelanjutan dari kegiatan IHT. Kegiatan ini diikuti oleh bapak ibu guru dan dipandu oleh bapak Fauzan, S.Pd., M.Pd.I selaku trainer. (Senin, 25/10/2021).

Antusias yang tinggi ditunjukkan oleh para peserta yang mengikuti setiap arahan dengan baik. Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium komputer ini berlangsung lancar dan para peserta mendapatkan kesempatan belajar hal baru yakni bagaimana membuat ruang rapat di Google meet.

Fauzan selaku trainer mengaku sangat terkesan dengan semangat para peserta. Dalam pengantarnya sebelum memulai praktik, beliau menyampaikan kembali pentingnya penguasaan teknologi informasi oleh para guru apalagi di masa-masa sekarang, peran teknologi sangat dominan di dunia pendidikan. Beliau berharap ilmu dan pengalaman pelatihan ini bisa diterapkan dalam pembelajaran agar kualitas pendidikan semakin baik dan tidak ketinggalan dari sekolah-sekolah lain.

Para peserta juga menyampaikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan pelatihan yang difasilitasi FKIM ini. Salah satu peserta, M. Tajul Arifin mengungkapkan rasa senangnya karena dapat berlatih menggunakan Google meet.

“Saya tidak menyangka bahwa fitur-fitur yang disediakan oleh Google meet sangat memadai untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Ternyata membuat kelas online dengan memanfaatkan Google meet tidaklah sesulit yang dibayangkan.”ungkap M. Tajul Arifin

Hal positif senada juga disampaikan oleh ketua FKIM, Wahyu Hidayani, S.Pd.

“Saya berharap, para peserta setelah mengikuti pelatihan ini berani untuk melakukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembelajaran daring agar peserta didik tidak bosan dengan satu teknik saja.” ujarnya.

Kepala MTs Negeri 2 Pekalongan mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya pelaksanaan pelatihan tersebut. Kamad kembali menekankan bahwa kegiatan-kegiatan semacam itu harus dibudayakan di madrasah agar tercipta iklim akademis yang mendorong bangkitnya karakter ilmiah pada diri seluruh civitas akademika MTs Negeri 2 Pekalongan. Semoga MTs Negeri 2 Pekalongan dapat mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi. (Why/Ant/bd).