Pelayanan Haji Satu Atap banyak beri manfaat

Tegal – Hampir satu tahun sudah pelayanan haji satu atap di Kankemenag Kota Tegal berjalan. Rupanya Sejak diresmikan awal tahun lalu oleh Kakanwil Kemenag Jateng Drs. H. Khaeruddin, MA waktu itu, pelayanan haji satu atap telah memberikan banyak manfaat yang sangat dirasakan masyarakat.

Masyarakat tidak perlu lagi harus ke bank untuk membuka tabungan haji maupun untuk pembayaran administrasi pendaftaran haji. Begitupun dengan pemeriksaan kesehatan, pendaftar haji tidak perlu ke puskesmas, cukup melakukan pemeriksaan di satu tempat yakni di Kankemenag. Hal demikian tentunya sangat membantu masyarakat dalam proses pendaftaran haji.

Kankemenag dalam hal ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Tegal dan Bank BRI. Kedua instansi tersebut membuka unit pelayanan di Kankemenag. Pelayanan haji satu atap ini juga mendapat dukungan penuh dari IPHI Kota Tegal, dengan memberikan dana hibah untuk pembangunan dan pengadaan fasilitas pendukung pelayanan.

Melalui pelayanan satu atap ini pelayanan haji lebih efektif dan efisien. Semua proses pendaftaran haji dapat dilakukan di satu tempat sehingga menghemat waktu dan tenaga. Hal ini yang kini sangat dirasakan masyarakat. Berbeda halnya bila pelayanan ibadah haji masih terpisah-pisah. Otomatis para pendaftar haji harus bolak-balik ke bank dan pukesmas, sehingga kurang efisien dan menyulitkan.

Respon masyarakat cukup bagus terhadap adanya pelayanan haji satu atap ini, seperti yang dikatakan Kasi Haji, Drs. H. Abdul Ghofir di ruang kerjanya, (28/01). Dikatakannya masyarakat merasa dilayani, tidak lagi seperti dipingpong, harus bolak-balik ke Kankemenag, bank dan puskesmas untuk mengurus pendaftaran haji. Proses pendaftaran haji bisa selesai kurang dari satu jam, hingga langsung mendapat porsi. “Semua ini terlaksana berkat izin Allah Swt dan dukungan semua pihak, pimpinan, semua instansi yang terlibat dan masyarakat dalam hal ini IPHI yang telah membantu pembangunan gedung dan meubelernya sebagai hibah untuk negara. Artinya negara diuntungkan dengan pemberian hibah ini”, ungkapnya.

Ditambahkannya pelayanan haji satu atap ini didukung fasilitas gedung yang cukup representatif, dengan setting ruangan dan fasilitas pendukung layaknya bank, sehingga semuanya merasa terlindungi dan nyaman.

Saat ini masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat termasuk dalam pelayanan haji. Segala sesuatu inigin lebih dipermudah dan tidak bertele-tele. Kankemenag Kota Tegal telah memenuhi ekspektasi masyarakat ini dengan membuka pelayanan haji satu atap. Terlepas dengan segala kendala yang ada, kini pelayanan tersebut sudah berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya yang ingin berhaji.

Kota Tegal menjadi pelopor dalam pelayanan haji satu atap dan menjadi satu-satunya di Jawa Tengah. Terobosan ini menjadi bagian dari program unggulan Kankemenag Kota Tegal untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Bahkan menjadi rujukan bagi Kankemenag daerah lain untuk ikut menerapkan hal sama. Seperti beberapa waktu lalu Kankemenag Kab. Sleman, D.I Yogyakarta berkunjung ke Kankemenag Kota Tegal untuk melakukan studi banding terkait dengan pelayanan haji satu atap.

Adapun terkait dengan daftar tunggu haji, saat ini mencapai 15 tahun. Artinya bagi pendaftar tahun ini baru bisa diberangkatkan tahun 2030. Sangat mungkin daftar tunggu haji akan semakin lama dalam beberapa waktu ke depan, mengingat animo masyarakat untuk menunaikan ibadah haji sangat besar seiring dengan taraf kesejahteraan masyarakat yang terus meningkat. Dalam memberikan pelayanan haji Kankemenag Kota Tegal terus melakukan pembenahan dan meningkatkan kualitas pelayanan._lil.