Pelepasan Kontingen Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2017 Kabupaten Temanggung

Temanggung-  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung , Drs. H. Saefudin, M.Pd, Selasa (23/05) melepas secara resmi Kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Temanggung dalam rangka mengikuti KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung pada Tanggal 23 – 25 Mei 2017 di Kabupaten Magelang
Hadir mengikuti Upacara Pelepasan Kontingen Kepala Madrasah dari tingkat MI sampai MA yang siswanya mewakili Kabupaten Temanggung untuk lomba, dan para official dan pendamping yang terdiri dari 11 pendamping dan 3 official.
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Yusuf Purwanto  melaporkan bahwa Jumlah Peserta dari Kabupaten Temanggung  yang akan diberangkatkan mengikuti KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah berjumlah 11 siswa dengan rincian Tingkat MI Bidang Studi Matematika 1 siswa  diwakili dari MI Gesing I Kandangan, IPA 1 siswa  diwakili dari MI Gesing I Kandangan, Tingkat MTs Bidang Studi Matematika 1 siswa  diwakili dari MTs Ma’arif Gemawang, Biologi 1 siswa  diwakili dari MTsN Parakan, Fisika 1 anak  diwakili dari MTsN Parakan , sedangkan untuk Tingkat MA Matematika 1 siswa  diwakili dari MAN Temanggung , Biologi 1 siswa  diwakili dari MA Al Huda Kedu,  Fisika 1 siswa  diwakili dari MA Assalam Kranggan, Kimia 1 siswa  diwakili dari MA Darul Muttaqin Selopampang, Ekonomi 1 siswa  diwakili dari MA Assalam Kranggan dan Geografi 1 siswa  diwakili dari MA Al Huda Kedu.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa berangkatnya siswa-siswi madrasah yang mewakili Kabupaten Temanggubg pada lomba KSM tingkat Jawa Tengah merupakan kebanggaan tersendiri. Tidak semua siswa berkesempatan mengikuti lomba Tingkat Provinsi. Ini merupakan prestasi yang harus ditingkatkan. Menang atau kalah dalam sebuah kompetisi adalah hal biasa, tetapi pengalaman yang didapatkan siswa ketika mengikuti kompetisi adalah hal yang sangat berharga. Pengalaman yang diperoleh dapat dijadikan modal dalam menghadapi kompetisi-kompetisi yang lain. Disamping itu, dengan mengikuti KSM, guru dan siswa-siswi dapat mengukur seberapa efektif metode pembelajaran yang dilakukan di sekolah masing-masing.
Perwakilan  KSM Kabupaten Temanggung menuju Tingkat Provinsi Jawa Tengah harus menunjukkan niat yang ikhlas. Begitu pula dengan para official dan pendamping, Saefudin  sangat mengharapkan agar Peserta KSM Kabupaten Temanggung mulai dari awal hingga selesai KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah  dapat dijaga dengan baik, dibimbing dan diarahkan dengan sebaik-baiknya.(sr)